October 2015

KMP UNY GELAR PAPER INTENSIVE CLASS KESATU

Sebagai tindak lanjut kegiatan “Workshop Metodologi Penelitian” yang telah dilaksanakan pada tanggal 22 Agustus 2015, Bidang Riset dan Pengabdian (RnP) Keluarga Mahasiswa Pascasarjana (KMP) pada hari Sabtu 17 Oktober 2015 menyelenggarakan Paper Intensive Class 1 (PIC 1) di ruang 300 A dan 300 B gedung lama Pascasarjana UNY.

Manajemen Kemitraan SMK dengan Dunia Kerja dalam Prakerin

Pendidikan kejuruan dalam penyelenggarannya berbentuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) bertujuan mempersiapkan peserta didik yang siap dalam bidang kerja tertentu. Agar menghasilkan siswa yang dapat kerja dalam bidang tertentu, maka SMK harus menjain kemitraan dengan dunia kerja dan masyarakat. Salah satu bentuk kemitraan tersebut adalah dengan adanya praktik industry (prakerin).

Pengembangan Instrumen Bakat Keguruan (IBKg) bagi Calon Mahasiswa LPTK

Pengaruh guru terhadap proses dan hasil pendidikan tidak diragukan lagi. Namun beberapa temuan penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam pembelajaran masih perlu ditingkatkan. Ada kesenjangan antara harapan dan kenyataan tentang ideal guru, maka hal ini perlu dikaji lebih lanjut untuk memperoleh faktor dominan keberhasilan proses dan hasil pembelajaran.

BIMBINGAN DAN KONSELING GOES TO MALANG

Mahasiswa Program Studi Magister Bimbingan dan Konseling (BK) Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta angkatan 2014 telah mengadakan studi laboratorium pada tanggal 11-13 Oktober 2015. Kegiatan studi laboratorium diikuti oleh 20 mahasiswa BK angkatan 2014 sejumlah 20 mahasiswa serta 1 dosen BK yaitu Dr. Muh. Farozin, M. Pd. Lokasi yang terpilih untuk menjadi objek kunjungan yaitu Universitas Negeri Malang, SMA Negeri 3 Malang dan MAN 3 Malang.

Kuliah Umum Prodi PEP bersama Dr. Mark Butler

Pada hari Senin tanggal 19 Oktober 2015, Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (PEP) mengadakan kuliah umum tentang penilaian pendidikan. Kegiatan yang berlangsung di Ruang Sidang Utama Rektorat UNY ini menghadirkan pakar penilaian dari Australian Council for Educational Research (ACER) yaitu Dr. Mark Butler. Beliau merupakan Senior Researcher Consultant di ACER Australia. Kegiatan ini dibuka oleh Kaprodi PEP, Prof. Djemari Mardapi, Ph.D. dan dimoderatori oleh Ashadi, M.Hum, Ed.D.

Prodi LT PPs UNY Siap Mempertahankan Status Unggulnya

Program Studi Linguistik Terapan (LT) Program Pascasarjana (PPs) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) saat ini masih mengantongi status unggulnya dengan predikat akreditasi A. Status akreditasi ini berlaku hingga 17 Februari 2016. Untuk tetap mempertahankan adanya jaminan dari pemerintah bahwa penyelenggaraan prodi telah memenuhi standar mutu yang berlaku, maka pengelola sudah mengantisipasi hal ini. Pengelola prodi sudah mengajukan re-akreditasi pada tanggal 1 September 2015.

Pages