Program Studi

PPs UNY menawarkan 35 prodi yang terdiri atas 30 prodi berjenjang S-2 dan 5 prodi berjenjang S-3. Hampir seluruh prodi yang ada terkait dengan bidang pendidikan. Hal ini menunjukkan kepedulian PPs UNY dalam bidang pendidikan. Dari 35 prodi tersebut, prodi S-2 PEP, LT, IK, PTK, TP, PIPS, dan Prodi S3 PEP dan PTK telah mendapatkan akreditasi A (Unggul).

 

PRODI BERJENJANG S-3 (Doktor)


1. Penelitian dan Evaluasi Pendidikan* (PEP)

    Lulusan Prodi ini diarahkan untuk dapat memiliki Kompetensi dalam pengembangan dan penerapan metodologi asesmen, evaluasi dan penelitian pendidikan.

Konsentrasi:

  1. Pengukuran dan Pengujian
  2. Metodologi Penelitian
  3. Metodologi Evaluasi

2. Pendidikan Teknologi dan Kejuruan* (PTK)

    Kurikulum prodi ini dirancang agar dapat menghasilkan lulusan yang kompeten dalam mengembangkan pendidikan teknologi dan kejuruan, vokasi dan profesi yang berwawasan global.

Konsentrasi:

  1. Manajemen Pendidikan Kejuruan
  2. Ketenagaan Pendidikan Kejuruan

3.  Pendidikan (IP)

     Lulusan prodi ini dirancang untuk memiliki kompetensi dalam berbagai teori pendidikan guna melakukan analisis kritis terhadap kebijakan pendidikan dan persekolahan.

Konsentrasi:

  1. Ilmu Pendidikan
  2. Pendidikan Luar Sekolah
  3. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
  4. Teknologi Pembelajaran
  5. Pendidikan IPA
  6. Pendidikan Biologi
  7. Pendidikan Fisika
  8. Pendidikan Kimia
  9. Pendidikan Matematika
  10. Ilmu Keolahragaan
  11. Pendidikan Sekolah  Dasar
  12. Pendidikan Seni
  13. Pendidikan Ekonomi
     

4. Manajemen Pendidikan (MP)

Lulusan prodi ini akan menghasilkan sarjana paripurna yang memiliki integritas dan kemampuan yang tinggi dalam menciptakan berbagai gagasan baru, dan juga menghasilkan peneliti yang profesional dan andal dalam memecahkan berbagai permasalahan sosial. Para lulusan ini bukan saja potensial sebagai pemasok gagasan dan informasi, konsep, teori, dan metodologi, tetapi juga mampu berperan aktif dalam pembangunan, terutama sektor Manajemen Pendidikan.

5. Ilmu Pendidikan Bahasa (IPB)

Penyelenggaraan program studi ini dirancang untuk (1) menghasilkan lulusan yang bermutu, yang memiliki kemampuan meneliti dan mengembangkan konsep-konsep baru dalam bidang kebijakan dan pengelolaan pendidikan bahasa nasional, bahasa daerah, atau bahasa asing, serta mampu mengimplementasikannya secara profesional dalam berbagai lembaga pendidikan tingkat lokal, nasional, regional, atau internasional; dan (2) meningkatkan perkembangan ilmu pendidikan bahasa.

Konsentrasi:

  1. Pendidikan Bahasa Indonesia
  2. Pendidikan Bahasa Daerah
  3. Pendidikan Bahasa Asing

6. Pendidikan Dasar (Dikdas)

7. Pendidikan Kimia

PRODI BERJENJANG S-2 (Magister)


1. Penelitian dan Evaluasi Pendidikan* (M.Pd.)

Kurikulum prodi ini dirancang untuk menyiapan magister yang memiliki kemampuan untuk mengembangkan metodologi dan melakukan penelitian dan evaluasi berbagai kebijakan pendidikan, merancang instrumen penelitian dan evaluasi sesuai kebutuhan, dan melakukan analisis yang sahih menggunakan statistik.

Konsentrasi:

  1. Pengukuran dan Pengujian
  2. Evaluasi
     

2. Pendidikan Teknologi dan Kejuruan* (M.Pd.)

Lulusan prodi ini diharapkan memiliki kemampuan merancang dan mengelola kurukulum pendidikan teknologi dan kejuruan yang efektif dalam ranah pengembangan dan pengelolaan diklat atau kewirausahaan. Pemahaman akan teknologi informasi dan komunikasi dan pemrograman komputer akan mempertajam kemampuan merancang kurikulum PTK yang ditekuni.

Konsentrasi:

  1. Diklat Kejuruan
  2. Pendidikan Kewirausahaan
  3. ICT