Kuliah Umum Prodi PEP bersama Dr. Mark Butler

Pada hari Senin tanggal 19 Oktober 2015, Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (PEP) mengadakan kuliah umum tentang penilaian pendidikan. Kegiatan yang berlangsung di Ruang Sidang Utama Rektorat UNY ini menghadirkan pakar penilaian dari Australian Council for Educational Research (ACER) yaitu Dr. Mark Butler. Beliau merupakan Senior Researcher Consultant di ACER Australia. Kegiatan ini dibuka oleh Kaprodi PEP, Prof. Djemari Mardapi, Ph.D. dan dimoderatori oleh Ashadi, M.Hum, Ed.D.

Pada awal paparannya, Butler menyampaikan gambaran tentang ACER dan beberapa program kerjanya. ACER merupakan lembaga penelitian pendidikan yang terkenal di Australia dan memiliki beberapa kantor perwakilan yang tersebar di seluruh dunia, salah satunya di Jakarta, Indonesia.

Setelah memberikan gambaran tentang ACER, Butler menyampaikan materi yang berjudul “Assesment and Reporting”. Beliau mengemukakan bahwa kita harus mengetahui dulu apa tujuan dari asesmen/penilaian tersebut. Apakah untuk seleksi, untuk menilai hasil belajar, untuk mendiagnosis kesulitan belajar, atau untuk tujuan lain. Tujuan asesmen tersebut mempengaruhi bentuk tes yang akan kita gunakan.

Taraf kesukaran soal tes yang digunakan dalam penilaian juga harus disesuaikan dengan tingkatan (grade) anak yang akan dites (testee). Setelah melakukan proses asesmen, maka seorang penilai harus mampu melaporkan hasil penilaian tersebut. Selain itu, penilai juga harus mampu menindaklanjutinya dan menggunakan hasil penilaian tersebut dalam pengambilan keputusan.

Kuliah umum ini terasa begitu spesial karena animo mahasiswa yang mengikutinya di luar dugaan. Pada awalnya panitia hanya menargetkan 60 peserta, namun yang datang lebih dari 90 peserta baik mahasiswa dari Prodi PEP maupun prodi lainnya. Selain itu, Butler juga merasa senang karena ternyata pada waktu diskusi banyak mahasiswa yang bertanya kepadanya. Kesempatan ini tentunya tidak disia-siakan oleh mahasiswa PPS UNY. (eka ary)