CALON MAHASISWA

Pascasarjana UNY

PPs UNY menawarkan 5 prodi yang terdiri atas 2 prodi berjenjang S-2 dan 3 prodi berjenjang S-3. Hampir seluruh prodi yang ada terkait dengan bidang pendidikan. Hal ini menunjukkan kepedulian PPs UNY dalam bidang pendidikan. Dari 5 prodi tersebut, prodi S-2 PEP, PTK, dan Prodi S3 PEP, IP, dan PTK telah mendapatkan akreditasi A (Unggul).

Pada tahun 2019, PPs UNY memiliki  kurang lebih 2.580 mahasiswa yang tercatat aktif. Mereka berasal dari beragam wilayah baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Mahasiswa dalam negeri berasal dari seluruh propinsi di Indonesia, dengan porsi terbesar adalah mahasiswa dari Pulau Jawa. Mahasiswa internasional PPs UNY berasal dari negara Australia, Azerbaijan, Bangladesh, Burundi, Cambodia, Canada, China, Colombia, Ethipia, Fiji, Germany, Guyana, India, Kenya, Lao PDR, Madagaskar, Mali, Mexico, Papua New Guinea, South Korea, Sri Lanka, Suriname, Thailand, Timor Leste, Turkey, Uganda, Uzbekistan, Filipina dan Vietnam. Mahasiswa PPs UNY juga berasal dari beragam latar belakang profesi. Sebagian besar bekerja sebagai guru/dosen atau memiliki profesi lainnya yang berkaitan dengan pendidikan dan penelitian. 

 

Penyelenggaraan Pendidikan

Perkuliahan di PPs UNY menerapkan sistem kredit  semester (SKS). Satu SKS terdiri atas 1 jam tatap muka, 1 jam  kegiatan terstruktur dan 1 jam  kegiatan tindak lanjut mandiri, dimana 1 jam kredit setara dengan 50 menit. Pembelajaran menggunakan metode kuliah, responsi dan tutorial, seminar dan praktium, praktik studio, praktk bengkel, atau praakk lapangan dan penelitan, termasuk peneliian tesis dan disertasi serta penulisan publikasi. Masa studi untuk jenjang master (S2) dirancang untuk jangka waktu 4 semester  dengan beban studi 40-50 SKS termasuk perkuliahan, praktek lapangan, dan penulisan proposal, penulisan thesis, ujian akhir, dan publikasi. Seorang mahasiswa S2 diharapkan dapat menyelesaikan studinya selambat-lambatnya dalam waktu 8 semester. Program doktor (S3) mempunyai beban studi 50-60 sks yang dirancang untuk diselesaikan dalam waktu 8 semester dan paling lama 14 semester. 

Fasilitas

  • Perpustakaan

Perpustakaan Pascasarjana memiliki sekitar 11.670 judul buku, 2350 jurnal, 3060 koleksi thesis/disertasi, dan berlangganan sejumlah majalah dan surat kabar. Koleksi buku terus ditambah melalui pengadaan buku baru melalui sumbangan alumni, dan mahasiswa yang pulang dari program Sandwich.  Perpustakaan PPs UNY berjejaring dengan  perpustakaan pusat UNY yang memiliki koleksi 33,124 judul buku, perpustakaan UGM, dan perpustakaan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN Sunan Kalijaga) sehingga dapat saling membantu mencari buku-buku yang diperlukan mahasiswa. 

  • e-library

Untuk meningkatkan kualitas layanannya, Perpustakaan Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta mengambangkan website sebagai sarana untuk terhubung ke komunitas global. Website tersebut dapat diakses melalui 
htp://library.pps.uny.ac.id . Dengan website tersebut pemakai perpustakaan dapat menelusur koleksi yang diperlukan kapan pun dan dimana pun tanpa harus datang langsung ke perpustakaan. Selanjutnya akan dikembangkan database koleksi digital meliput disertasi, tesis, ebook yang dapat diakses fulltext melalui LAN di perpustakaan. Pengunjung perpustakaan juga dapat mengakses e-journal yang dilanggan UNY yaitu ProQuest (htp://www.proquest.com/pqdweb). Selain itu mereka juga dapat mengakses e-journal yang dilanggan Dikti yaitu EBSCO (http:/search.ebscohost.com) dan Gale (http://ifotrac.galegroup.com). 

  • Laboratorium

Untuk menunjang berbagai kegiatan akademik, PPs UNY dilengkapi laboratorium komputer yang cukup memadai. Komputer pada lab ini dihubungkan dengan jaringan internet, yang memudahkan mahasiswa untuk mencari informasi yang dibutuhkan. Mahasiswa PPs UNY dapat mengakses internet secara gratis dengan tanpa batas waktu. Selain laboratorium komputer, laboratorium bidang studi juga tersedia bagi mahasiswa yang bekerjasama dengan fakultas di UNY, diantaranya laboratorium di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UNY. 

  • Ruang Kuliah Multimedia

Ruang kuliah PPs UNY dilengkapi dengan sarana media pembelajaran sesuai kebutuhan pembelajar berupa LCD yang terpasang permanen di setiap ruang kuliah dan AC, sehingga perkuliahan berlangsung nyaman.

  • Fasilitas Penunjang lainnya

Mahasiswa PPs UNY dapat memanfaatkan fasilitas-fasilitas penunjang yang dimiliki UNY seperti Puskom, poliklinik, fasilitas olah raga dan kebugaran, fasilitas hotspot dsb.

Prospective Lulusan

Sebagian besar lulusan Program Pascasarjana UNY bekerja sebagai guru, dosen, pengajar, widyaiswara lembaga pendidikan di berbagai satuan pendidikan, pengelola dinas pendidikan, kepala sekolah, pengelola LPMP/PPPG, pengelola PUTK, pengelola diklat, pengelola LSM, maupun pengelola perpustakaan. Selain bidang pendidikan, banyak bidang pekerjaan lain terbuka untuk lulusan PPs UNY.

 

    Tinggal di Yogyakarta

    UNY terletak di Yogyakarta, sebuah kota strategis yang penuh dengan keindahan lansekap dan kekayaan budaya. Kampus utama berlokasi di Karangmalang berjarak kurang lebih 6.9 KM dari bandara internasional Adisucipto dan 3.4 KM dari stasiun kereta api utama Tugu Yogyakarta.  Tidak jauh dari kampus UNY, terletak berbagai situs budaya dan rekreasi sepert kraton Yogyakarta, candi Prambanan, Candi Kalasan, Candi Boko, Pertunjukan Ramayana Ballet, desa gerabah Kasongan, sentra batik,galeri lukis, rumah budaya, pantai yang indah, dan pusat perbelanjaan. Belajar di Yogyakarta menjadi kegiatan yang menyenangkan karena mahasiswa tidakhanya belajar akademik tetapi dipadukan dengan kegiatan pengayaan dan pengalaman  budaya. Selain itu, tingal di Yogyakarta  tidaklah semahal tingal di kota besar lainnya di Indonesia. Meskipun UNY tdak menyediakan asrama di sekitar kampus utama, di sekeliling kampus tersedia banyak kamar sewa yang dapat disewa bulanan/tahunan dengan harga mulai Rp 500.000/bulan. Biaya hidup per bulan saat ini mencapai sekitar Rp 1.750.000. Harga makanan di food court UNY maupun di area Karangmalang  dapat diperoleh dengan harga mulai  Rp 12.000 per porsi. Tersedia transportasi publik  Trans Jogja yang dapat dibeli dengan harga single-trip Rp.3.600 dan harga langganan Rp.2.700/trip. Selain itu mahasiswa dapat memanfaatkan jasa layanan grab dan go-jek sebagai alternatif transportasi lainnya.

     

    PENDAFTARAN DAN SELEKSI MAHASISWA DALAM NEGERI

    Pendaftaran calon mahasiswa dapat dilakukan secara online dengan mengakses situs http://pmb.uny.ac.id. Semua persyaratan administratif yang diperlukan dicantumkan dalam form pendaftaran yang dapat diunduh pada situs tersebut. 

    Syarat Calon Mahasiswa
    Calon mahasiswa yang diterima adalah:

    1. untuk jenjang S2, berkualifikasi Sarjana (S1) sesuai dengan bidangnya dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2,75; 
    2. untuk jenjang S3, berkualifikasi Magister (S2) sesuai dengan bidangnya dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,00; apabila calon mahasiswa bidangnya berbeda dengan program studi, setelah dinyatakan diterima, Mahasiswa tersebut wajib menempuh mata kuliah penyetaraan/matrikulasi;
    3. sehat fisik dan mental;
    4. lulus ujian masuk;
    5. mendapat izin dari atasan (bagi yang sudah bekerja);
    6. mendapatkan rekomendasi dari dua (2) dosen pembimbing studi jenjang di bawahnya; dan
    7. memiliki surat keterangan kepastian penyandang dana.

    Syarat Administratif 
    Pendaftaran harus dilengkapi dengan syarat administratif sebagai berikut:

    1. untuk jenjang S2, melampirkan foto copy sah ijazah dan transkrip nilai S1; 
    2. untuk jenjang S3, melampirkan foto copy sah ijazah dan transkrip nilai S1 dan S2; bagi calon dari luar Jawa dan Bali, melampirkan foto copy karya ilmiah terbaik yang dihasilkan selama lima tahun terakhir, bila merupakan penelitian, dapat melampirkan ringkasan penelitian tersebut secara singkat; melampirkan rencana penelitian yang akan dilakukan dan dijelaskan secara singkat (tiga halaman);
    3. surat rekomendasi yang menyatakan kemampuan akademik, karakter, dan kepribadian calon, dari dua orang dosen; 
    4. surat izin Rektor/Kopertis atau atasan langsung bagi calon mahasiswa yang sudah bekerja;
    5. surat keterangan tentang sumber biaya pendidikan;
    6. amplop yang telah dibubuhi alamat lengkap calon mahasiswa dan perangko kilat, untuk pengiriman informasi tentang hasil seleksi/ujian masuk; dan
    7. tiga lembar pasfoto berwarna terbaru ukuran 3x4.

    Cara Pendaftaran

    1. Calon mahasiswa dapat mendaftar dan melakukan registrasi online melalui situs http://pmb.uny.ac.id dan mengunduh (download) borang pendaftaran dan borang portofolio (bagi peserta luar Jawa).
    2. Setelah mendaftar secara online, calon mahasiswa melakukan pembayaran formulir online melalui bank yang ditunjuk.
    3. Calon mahasiswa melengkapi softcopy borang pendaftaran, dan menyusun portofolio (bagi peserta luar Jawa).
    4. Calon mahasiswa melakukan pendaftaran online menggunakan username dan PIN yang tercetak di kuitansi pembayaran dan mengunggah (upload) softcopy borang pendaftaran/portofolio.

    a.    Calon mahasiswa yang mendaftar menggunakan jalur pendaftaran portofolio:

    1. mencetak dan melengkapi portofolio;
    2. mengirim portofolio ke panitia PMB UNY (bagi peserta luar Jawa); dan
    3. menunggu pengumuman penerimaan (surat/telpon/web).

    b.    Calon mahasiswa yang mendaftar menggunakan jalur pendaftaran borang:

    1.  mencetak dan melengkapi borang pendaftaran;
    2. mengirimkan borang pendaftaran ke Panitia PMB UNY; 
    3. mengikuti tes tertulis sesuai jadwal yang ditetapkan ; dan
    4. menunggu pengumuman penerimaan (surat/telpon/web).
       

    Pendaftaran

     

    Beasiswa

     

    Kontak Kami

    Alamat: Kampus Karangmalang, Yogyakarta 55281, Telp. +62274-550836 (front office) Fax. +62274-520326, Email: pps@uny.ac.id, humas_pps@uny.ac.id Website : http://pps.uny.ac.id