KMP UNY GELAR PAPER INTENSIVE CLASS KESATU

Sebagai tindak lanjut kegiatan “Workshop Metodologi Penelitian” yang telah dilaksanakan pada tanggal 22 Agustus 2015, Bidang Riset dan Pengabdian (RnP) Keluarga Mahasiswa Pascasarjana (KMP) pada hari Sabtu 17 Oktober 2015 menyelenggarakan Paper Intensive Class 1 (PIC 1) di ruang 300 A dan 300 B gedung lama Pascasarjana UNY. Kegiatan ini dimulai pukul 08.30 – 12.00, dengan pembicara Bapak Suharso, M.Pd selaku dosen Prodi Bahasa Inggris PPs UNY, beliau sekaligus sebagai reviewer beberapa jurnal terindeks nasional seperti Jurnal Cakrawala Pendidikan, Jurnal Ling Tera, dan Jurnal Evaluasi. PIC 1 diikuti oleh 120 peserta yang terdiri dari 100 peserta baru dan 20 peserta alumni workshop yang berasal dari mahasiswa S2 dan S3.

Dalam sambutannya ketua pelaksana kegiatan PIC 1 yakni saudara Muhammad Alwan, S.Pd menyampaikan rasa terimakasih kepada pemateri yang sudah berkenan meluangkan waktunya secara khusus untuk berbagi ilmu dengan peserta PIC. Beliau juga menyampaikan bahwa kegiatan PIC adalah rangkaian program yang akan ada kelanjutannya berupa PIC 2. Adapun hal yang mendasari dilaksanakannya kegaiatan PIC diungkapkan oleh Ketua KMP UNY saudara Ence Surahman, S,Pd dalam sambutannya. Beliau menyampaikan bahwa kemampuan civitas akademika khususnya mahasiswa program pascasarjana dalam menulis artikel dan jurnal ilmiah merupakan kemampuan dasar yang penting untuk dikuasai. Mengingat salahsatu kriteria penilaian sebuah kampus misalnya yang dilakukan oleh http://www.webometrics.info/ dilihat dari kemampuan civitas akademikanya dalam mempublikasikan karya ilmiah sesuai bidang keilmuannya masing-masing.

Materi yang disampaikan meliputi tentang penulisan jurnal ilmiah (anti plagiarisme), karakteristik Jurnal Nasional dan Internasional, mendeteksi jurnal tidak terindeks, cara merekontruksi gagasan, serta tips dan trik lolos jurnal. Semua materi tersebut dibagi menjadi 3 sesi, sesi pertama tentang penulisan jurnal ilmiah (anti plagiarisme), sesi kedua tentang bedah jurnal sekaligus pelatihan dan bimbingan merekonstruksi ide untuk kepenulisan, dan sesi ketiga tentang bedah jurnal sekaligus tentang pelatihan plagiarisme dan etika kepenulisan ilmiah. Setiap sesi, diakhiri dengan diskusi dan tanya jawab dengan seluruh peserta. Para peserta juga tampak antusias dalam pelaksanaan kegiatan ini.

Dengan dimoderatori oleh Fikroturofiah Swandi Putri, S.Pd, mahasiswi Prodi Pendidikan Fisika yang berkolaborasi dengan Arsi Dwi Ariani, S.Pd mahasiswi Prodi Pendidikan Biologi, suasana kegiatanpun menjadi hidup dan meriah sehingga memancing semangat mereka untuk mengikuti PIC 2 yang akan dilaksanakan awal bulan November nanti. seperti yang diungkapkan Mardiah,“ Saya berharap bisa mengikuti PIC 2 nanti, dan semoga saya dapat kesempatan bertanya. Sebenarnya sih saya sedikit kecewa karena tidak kebagian bertanya”, ungkap mahasiswi Prodi Teknologi Pendidikan asal Palembang.

Tak hanya menghadirkan pemateri yang handal dalam bidang tersebut, kegiatan yang ini juga dimeriahkan oleh Beat Box yang dibawakan oleh Radit mahasiswa Prodi Seni Rupa Fakultas Bahasa dan Seni UNY. Keahlian dalam mengolah nada–nada bergenre hip-hop dan syair yang bermuatan nilai-nilai dasar kehidupan manusia, mampu menghipnotis para peserta dan membuat acara semakin lebih meriah lagi, sehingga menambah semangat para peserta.   (RnP & Humed KMP UNY)