Prodi LT PPs UNY Siap Mempertahankan Status Unggulnya

Program Studi Linguistik Terapan (LT) Program Pascasarjana (PPs) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) saat ini masih mengantongi status unggulnya dengan predikat akreditasi A. Status akreditasi ini berlaku hingga 17 Februari 2016. Untuk tetap mempertahankan adanya jaminan dari pemerintah bahwa penyelenggaraan prodi telah memenuhi standar mutu yang berlaku, maka pengelola sudah mengantisipasi hal ini. Pengelola prodi sudah mengajukan re-akreditasi pada tanggal 1 September 2015.

Kaprodi LT PPs UNY, Prof. Dr. Haryadi dibantu sekprodi, Asruddin B. Tou, Ph.D. bersama mahasiswa telah bersiap diri untuk divisitasi oleh BAN PT. Berbagai lampiran yang diperlukan setiap standar dalam borang prodi sudah disiapkan sedemikian rupa dengan harapan pada saat visitasi setiap permintaan dan pertanyaan asesor dapat ditanggapi dengan baik.

Sebagai seorang asesor yang berpengalaman, Prof. Dr. Haryadi bisa membaca apa yang akan dicermati oleh asesor sesuai gambaran yang tertuang dalam borang. Beliau telah melengkapi beberapa dokumen mulai dari Renstra PPs, Renstra Prodi, Foto Kegiatan, Statuta UNY, Hasil Karya Dosen dan Mahasiswa, Visitting Profesor, Bukti Keanggotaan Asosiasi/Organisasi Profesi dan semua lampiran yang diperlukan tiap standar tak luput dari perhatian beliau.

Tepat seminggu setelah visitasi prodi Pend. Bahasa Jawa (PBJ), Sabtu, 17 Oktober 2015 giliran prodi LT disambangi oleh asesor BAN PT. Kali ini yang menjadi utusan untuk verifikasi borang tersebut adalah Prof. Moh. Adnan Latief, M.A., Ph.D. dari UM Malang dan Dr. Mahriyuni, M.Hum dari UNIMED Medan.

Sama seperti visitasi PBJ, kedua asesor disambut secara intern di tingkat PPs UNY, namun WR IV UNY, Prof. Suwarsih Madya, Ph.D. turut dalam acara ini yang kebetulan merupakan dosen pengajar prodi LT. Bertempat di Ruang Sidang 315, sambutan yang disampaikan Direktur PPs, Prof. Dr. Zuhdan K. Prasetyo, M.Ed. cukup membuat suasana menjadi akrab dan bersahabat. Beliau   didampingi Asdir I, Asdir II, kaprodi, sekprodi, Tim Penjaminan Mutu, dan beberapa dosen seperti Prof. Dr. Zamzani, Prof. Dr. Suhardi, Prod. Dr. Burhan N., Dr. Widyastuti Purbani (Dekan FBS), Prof. Sugirin, Ph.D., Prof. Dr. Suharti, Dr. Margana, Dr. Kastam Syamsi, Dr. Dwiyanto DP, dan Joko Priyana, Ph.D. Selaku pimpinan, beliau mengucapkan selamat datang di PPs UNY dengan harapan kedua asesor dapat memberikan penilaian yang terbaik sesuai realita agar prodi LT dapat bertahan pada predikat yang unggul.

Seusai acara penyambutan tersebut, pencermatan borang prodi dilakukan di tempat yang sama oleh Dr. Mahriyuni, M.Hum. yang ditanggapi langsung oleh kaprodi, sekprodi, dosen pengajar dibantu mahasiswa LT. Asesor dari FBS UNIMED ini menampilkan item penilaian dari standar 1 hingga 7 melalui layar projector. Harapannya pengelola prodi dapat ikut mencermati sehingga apabial ditemukan kekurangan dan kesalahan dapat diperbaiki bersama.

Dengan sistem paralel, Asesor pertama, Prof. Moh. Adnan Latief, M.A., Ph.D. mengawal penilaian untuk borang institusi/pascasarjana. Bertempat di ruang direktur, beliau ditanggapi oleh Prof. Dr. Zuhdan K. Prasetyo, M.Ed., Prof. Pardjono, Ph.D., Prof. Dr. Muhyadi, dan Dr. Dimyati.

Pada kesempatan itu pula hadir beberapa alumni LT yang telah menjadi dosen di perguruan tinggi. Kehadiran mereka diperlukan untuk memberikan testimoni berkaitan dengan suasana akademik, kurikulum yang berjalan di prodi dibandingkan dengan kebutuhan pendidikan saat ini, sarana prasarana perkuliahan yang disediakan PPs UNY.

Sehari penuh waktu dimaksimalkan untuk menyelesaikan verifikasi dokumen lampiran borang akreditasi. Pencermatan penilaian semua standar telah selesai dilakukan. Tibalah pada akhir acara yaitu penandatanganan dan serah terima berita acara visitasi dan hasil penilaian. Proses visistasi yang berjalan relatif lancar tersebut diharapkan dapat membuahkan hasil terbaik dengan bertahannya predikat A untuk prodi LT. (Rubiman)