January 2014

Prodi S-3 PTK PPs UNY Gelar Seminar Pra Proposal Disertasi

Banyak upaya dilakukan agar para mahasiswa dapat menyelesaikan studi mereka tepat waktu. Salah satu fasilitas yang diberikan yaitu melalui seminar pra proposal disertasi yang digelar Prodi S3 Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (PTK). Menurut Kaprodi S3 PTK, Prof. Soenarto, Ph.D., seminar tersebut bertujuan untuk menyempurnakan proposal disertasi yang telah dikonsultasikan dengan promotor. Proposal yang sudah dinilai baik dalam seminar ini maka dapat segera diujikan sehingga penelitian disertasi dapat segera dilaksanakan.

2 Prodi di PPs UNY Studi Laboratorium di NYP dan NUS Singapura

Mahasiswa Prodi S-2 Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (PTK) dan Prodi S-2 Teknologi Pembelajaran angkatan tahun 2012 PPS UNY melakukan studi laboratorium yang dilaksanakan di Nanyang Polytechnic dan National University of Singapore pada tanggal 21-24 Januari 2014. Rombongan yang terdiri atas 23 mahasiswa dan 1 dosen pendamping tersebut mengawali kunjungan ke Nanyang Polytechnic (NYP) yang terletak di Ang Mo Kio, Singapura.

Mahasiswa LT 2013 Mulai Usulkan Judul Tesis

Prodi S2 Linguistik Terapan (LT) PPs UNY yang melaksanakan pengembangan linguistik terapan menawarkan 7 konsentrasi antara lain, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Bahasa Daerah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Asing, Pendidikan Bahasa dan Sastra, dan Pendidikan Seni. Untuk menghadapi semester ke-2, para mahasiswa angkatan 2013 mulai dikelompokkan berdasarkan konsentrasi yang mereka pilih karena pada semester sebelumnya para mahasiswa masih menempuh mata kuliah wajib atau mata kuliah paket.

Universitas Tadulako Sulteng Kunjungi PPs UNY

PPs UNY kembali menerima kunjungan studi banding yang kali ini dari Universitas Tadulako (UNTAD), Sulawesi Tengah. Rombongan yang terdiri atas 28 mahasiswa S-2 Pendidikan Bahasa Indonesia dan 2 dosen pendamping tersebut disambut dengan hangat oleh Asisten Direktur I, Prof. Pardjono, Ph.D. dan Sekprodi Linguistik Terapan (LT), Asruddin B. Tou, Ph.D. Dalam acara penerimaan kunjungan yang digelar pada Senin (20/1/2014) di Aula PPs UNY tersebut, Prof. Pardjono menyampaikan rasa terima kasih karena telah memilih PPs UNY sebagai obyek studi banding.

Dr. Bambang Endroyo Kembangkan Model Pembelajaran Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Lulusan pendidikan tinggi vokasi dengan bekal pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang telah dimilikinya akan masuk dalam struktur tenaga kerja sebagai tenaga teknisi ahli. Teknisi ahli (senior technician) adalah tenaga kerja yang berfungsi sebagai penghubung antara tenaga profesional dengan para teknisi dan juru.

Dr. Tafrikhuddin Ungkap Pendidikan di Pesantren

Program Pascasarjana UNY kembali meluluskan doktor ke-202 melalui Ujian Terbuka dan Promosi Doktor yang digelar pada Jumat (17/01/2014) di Aula PPs UNY. Dr. Tafrikhuddin menjadi doktor ke-25 dari Prodi S3 Ilmu Pendidikan berkat penelitiannya yang berjudul “Sumber Belajar dan Dampaknya terhadap Pola Pikir dan Perilaku Keagamaan Santri (Studi Kasus di Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak, Yogyakarta) ” dengan hasil Sangat Memuaskan.

Penyempurnaan Grand Strategi Olahraga Indonesia 2024

Prodi S2 Ilmu Keolahragaan (IK) PPs UNY bekerjasama dengan Komite Nasional Olahraga Indonesia (KONI) Pusat mengadakan pertemuan untuk menyusun dan menyempurnakan Grand Strategi Pembangunan Olahraga di Indonesia 2024. Pertemuan yang digelar pada Senin (13/01/2014) di PPs UNY tersebut diikuti oleh pengurus KONI Pusat, Drs. Twisyono, Kaprodi S2 IK PPs UNY, Prof. Dr. Sukadiyanto, dosen UNS Solo, Prof. Dr. Agus Kristiyanto, M.Pd., Dr. Sapta Kunta Purnama, M.Pd., dan Islahuzzaman, M.Or.

Dr. Iwan Supardi Teliti Ethno-Religio Segregated Schools/E-Rs

Konflik antar kelompok etnis di Kalimantan Barat puluhan tahun lalu berdampak besar pada munculnya sekolah-sekolah eksklusif, mengelompok, berorientasi pada etnis dan agama atau disebut secara teknis sebagai sekolah segregasi etno-religi/SE-R. Sekolah, selain sebagai lembaga pengembangan intelektual kognitif siswa, mestinya juga berperan sebagai lembaga pengembangan nilai-nilai kemasyarakatan yaitu, perdamaian, toleransi, hak asasi manusia, dan demokrasi dalam sikap dan perilaku peserta didik.

PPs UNY Luluskan Doktor ke-200

Mengawali tahun 2014, PPs UNY kembali meluluskan doktor dari Prodi S3 Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (PEP). Dr. I Wayan Gunartha menjadi doktor ke-200 di PPs UNY dan doktor ke-121 di Prodi PEP melalui Ujian Terbuka dan Promosi Doktor yang digelar pada Rabu (15/01/2013) di Aula PPs UNY. Berkat penelitian yang berjudul “Pengembangan Model Evaluasi Program Layanan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)”, Dr. I Wayan Gunartha menjadi doktor dengan hasil Sangat Memuaskan.

PRODI S2 TEKNOLOGI PEMBELAJARAN PPS UNY RAIH AKREDITASI A

Program Pascasarjana UNY patut berbangga hati karena salah satu prodinya yaitu Prodi S2 Teknologi Pembelajaran (TP) berhasil meraih akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Peringkat akreditasi tertinggi tersebut tertuang dalam Surat Keputusan dari BAN-PT dengan nomor 218/SK/BAN-PT/Ak-XI/M/2013. Status akreditasi A ini berlaku lima tahun sejak 26 Oktober 2013 hingga 26 Oktober 2018.

Pages