2 Prodi di PPs UNY Studi Laboratorium di NYP dan NUS Singapura

Mahasiswa Prodi S-2 Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (PTK) dan Prodi S-2 Teknologi Pembelajaran angkatan tahun 2012 PPS UNY melakukan studi laboratorium yang dilaksanakan di Nanyang Polytechnic dan National University of Singapore pada tanggal 21-24 Januari 2014. Rombongan yang terdiri atas 23 mahasiswa dan 1 dosen pendamping tersebut mengawali kunjungan ke Nanyang Polytechnic (NYP) yang terletak di Ang Mo Kio, Singapura. Politeknik ini memiliki tujuh sekolah atau jurusan yang berbeda, yaitu Sekolah Teknik, Sekolah Teknologi Informasi, Sekolah Design, Sekolah Bisnis dan Manajemen, Sekolah Ilmu Kesehatan, Sekolah Ilmu Kimia dan Pengetahuan Alam, dan Sekolah Media Interaktif dan Digital.

Kegiatan studi laboratorium di Sekolah Teknik NYP dibuka oleh Senior Director (International Development) NYP, Mr. Ooi Inn Bok. Kemudian pengenalan tentang NYP disampaikan oleh Ms. Judy Emily yang merupakan Deputy Manager (Projects) International Programmes NYP. Acara dilanjutkan dengan diskusi mengenai keberhasilan NYP dalam menghasilkan lulusan politeknik yang berkualitas, sistem pembelajaran inovatif yang diterapkan, penyediaan fasilitas pembelajaran yang sangat lengkap, penerapan pembelajaran kewirausahaan di semua jurusan, serta jalinan kerjasama yang sangat baik antara NYP dengan industri yang bertaraf internasional. Selanjutnya, rombongan diajak mengunjungi semua laboratorium pembelajaran yang ada di NYP sungguh pengalaman yang sangat luar biasa karena laboratorium pembelajaran di NYP sangat lengkap dan sesuai perkembangan teknologi saat ini.

Kunjungan selanjutnya adalah ke Centre for Development of Teaching and Learning (CDTL) di National University of Singapore (NUS). Kegiatan di CDTL NUS dimulai dengan pembukaan oleh Mr. Lakshminarayanan Samavedham yang merupakan direktur CDTL NUS yang dilanjutkan dengan diskusi mengenai kegiatan CDTL yang merupakan pusat pengembangan belajar mengajar yang didirikan oleh Universitas Nasional Singapura yang bertujuan untuk membantu staf yang memiliki pengalaman mengajar di perguruan tinggi kurang dari 3 tahun. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja dalam mengajar dan dengan demikian semakin memperkaya kualitas belajar siswa di NUS. CDTL juga membantu para guru yang ada di Singapura untuk meningkatkan keterampilan profesional mereka, penggunaan teknologi yang efektif dalam mengajar di semua jenjang pendidikan untuk meningkatkan kualitas mengajar. CDTL juga sebagai konsultan bagi mahasiswa dan siswa yang memiliki kesulitan dalam belajar. Secara kontinu CDTL mengadakan workshop serta seminar terkait dengan perkembangan dunia pendidikan dalam hal pengembangan sistem belajar mengajar.

Central Library National University of Singapore merupakan perpustakaan terbesar dari tujuh perpustakaan yang dimiliki oleh NUS dan merupakan tempat yang sangat representatif untuk belajar karena dilengkapi dengan koleksi buku yang sangat lengkap dan beragam, fasilitas komputer yang memadai, fasilitas foto copy gratis, ruang diskusi yang nyaman, ruang teater untuk menonton video dan mendengarkan musik, kantin yang bersih, serta pelayanan dari staf yang sangat ramah. Para rombongan disambut dan ditemani berkeliling perpustakaan oleh Ms. Hashimah. Di ruang koleksi buku terdapat semua buku dari disiplin ilmu yang ada di NUS. Ruangan tersebut juga untuk menyimpan publikasi NUS dan menyimpan buku-buku langka.

Dari kegiatan studi laboraturium tersebut, diharapkan dapat menambah wawasan mahasiswa tentang perkembangan dunia pendidikan yang ada di luar negeri, keberhasilan sistem pendidikan dalam menciptakan lulusan yang siap menghadapi tantangan global, serta sistem pelayanan dan penataan perpustakaan yang handal dan modern guna meningkatkan minat belajar yang bisa dicontoh di UNY maupun di sekolah-sekolah tempat mahasiswa S-2 yang sudah  mengajar. (Laila & Erfin)