PPs UNY Luluskan Doktor ke-200

Mengawali tahun 2014, PPs UNY kembali meluluskan doktor dari Prodi S3 Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (PEP). Dr. I Wayan Gunartha menjadi doktor ke-200 di PPs UNY dan doktor ke-121 di Prodi PEP melalui Ujian Terbuka dan Promosi Doktor yang digelar pada Rabu (15/01/2013) di Aula PPs UNY. Berkat penelitian yang berjudul “Pengembangan Model Evaluasi Program Layanan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)”, Dr. I Wayan Gunartha menjadi doktor dengan hasil Sangat Memuaskan.

Di hadapan tim penguji yang diketuai oleh Prof. Dr. Zuhdan Kun Prasetyo, M.Ed. tersebut, Wayan memaparkan bahwa penelitiannya bertujuan untuk mengembangkan model evaluasi program layanan pendidikan anak usia dini, khususnya taman kanak-kanak kelompok B dan mengevaluasi keefektifan model yang dikembangkan.

Dosen IKIP PGRI Bali tersebut menambahkan bahwa penelitiannya merupakan penelitian dan pengembangan yang terdiri atas empat langkah, yaitu: tahap investigasi awal, tahap desain, tahap ujicoba, evaluasi, revisi, dan tahap implementasi. Pada tahap investigasi awal, dilakukan pengkajian terhadap teori dan model-model evaluasi yang telah ada. Berdasarkan kajian tersebut, disusun desain model.

Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa model evaluasi program layanan PAUD (model IPPO) mengikuti langkah-langkah: evaluasi input, proses, produk, dan outcome. Panduan penggunaan memuat: ketentuan umum, tahapan evaluasi pada setiap komponennya, pedoman penyekoran, pengolahan skor, waktu pelaksanaan evaluasi, rekomendasi, dan format laporan hasil evaluasi. Hasil validasi pakar dan uji keterbacaan menunjukkan bahwa model sudah baik dan dapat digunakan tanpa perbaikan. Berdasarkan hasil  ujicoba lapangan, semua instrumen memiliki validitas konstruk, reliabilitas, dan kecocokan model yang baik. Menurut para praktisi dan pengguna model, model evaluasi program layanan PAUD (Model IPPO) sangat efektif karena komprehensif, praktis, ekonomis, dan didukung oleh  instrumen yang valid dan reliabel. (Sinta)