October 2019

Prodi PPKn Pasca UNY Kuliah Umum dengan Dosen Utrech, Belanda

Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta mengadakan kegiatan Visiting Professor dari Universitas Utrech, Belanda. Kegiatan berlangsung selama dua hari yakni 22 & 25 Oktober 2019 di Aula Lantai 7 Gedung Imam Bernadib, Universitas Negeri Yogyakarta.

PENGUKUHAN GURU BESAR MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA

Para pakar percaya bahwa ilmu manajemen organisasi tergambarkan seperti hutan lebat. Hal ini diakibatkan karena adanya pergeseran dan perbedaan perspektif manajemen seperti scientific management theory, administrative management theory, behavioral management science, management-science theory, dan organization-environment theory. Para pakar beranggapan bahwa teori-teori itu akhirnya menyesatkan. Oleh karena itu, paradigm dasar ilmu manajemen harus menjadi perhatian terhadap asumsi ontologis, epistemologis, dan aksiologis.

5th International Seminar on Science Education

PPs UNY menggelar The 5th International Seminar on Science Education dengan tema “Industrial Revolution 4.0: Impacts, Challenges, and Strategies in Science Education”. Salah satu tujuan diselenggarakannya kegiatan ini yaitu untuk membentuk suasana akademik baik bagi mahasiswa maupun dosen, serta memberikan fasilitas kepada praktisi khususnya dalam bidang Pendidikan Rumpun Sains dalam melakukan publikasi ilmiah.

Pentingnya Publikasi Internasional bagi Mahasiswa Magister dan Doktoral

Publikasi internasional merupakan sarana untuk berkomunikasi antar masyarakat ilmiah dari berbagai negara. Hasil riset di Indonesia akan memberikan manfaat lebih luas setelah dipublikasikan tidak hanya dalam scope nasional. Publikasi internasional terkait hasil-hasil penelitian di Indonesia juga akan memberi dampak lain, yaitu menunjukkan posisi perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di tanah air. Akan tetapi, untuk bisa menembus publikasi internasional diperlukan upaya-upaya yang strategis dan cerdas, buka Assoc. Prof. Dr.

Dari Atlas.TI Hingga Menemukan Model Manajemen Kerja Sama SMK Dengan Dunia Kerja Yang Saling Menguntungkan

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) termasuk jenjang pendidikan yang mengutamakan pengembangan kemampuan siswa untuk memiliki kompetensi yang diperlukan dunia kerja yang cepat berubah dan berkembang. Ironisnya, data statistik pada Pengangguran Terbuka Indonesia 2017 menunjukkan bahwa lulusan SMK justru menjadi penyumbang pengangguran terbesar di Indonesia.

Penggunaan Augmented Reality dalam Pembelajaran Matematika

Prodi S2 Pendidikan Matematika PPs UNY menghadirkan Dr. Muhammad Khair bin Noordin dari UTM Malaysia. Noordin menjelaskan penggunaan teknologi informatika dalam pembelajaran Matematika. Salah satunya adalah penggunaan Augmented Reality yang dapat memberi unsur "fun" dalam pembelajaran Matematika, ungkapnya didepan mahasiswa Pendidikan Matematika S2 PPs UNY. Teknologi Augmented Reality merupakan terobosan baru dalam media pembelajaran dimana proses pembelajaran dalam dunia pendidikan selama ini masih banyak bersifat konvensional.

Kegiatan Baku Mutu UNJ dan UNY 2019

Kegiatan Baku Mutu oleh Universitas Negeri Jakarta (UNJ) & Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) diselenggarakan di UNY - tepatnya di gedung General Lecture Building Lantai 3 Ruang Teater pada tanggal 30 September 2019. Agenda tersebut dimulai dari pukul 9.00 pagi dan diakhiri pada pukul 12. 30 di siang hari. Kegiatan tersebut dihadri oleh mahasiswa, kedua dari UNJ dan UNY, khususnya mereka yang sedang duduk di semester 3 (angkatan 2018). Di sela-sela acara tersebut hadir pula ketua prodi pendidikan bahasa Inggris program pascasarjana UNY, yakni profesor Suwarsih Madya.

Children’s Literature, Language Acquisition and Literacy

Selasa (1/10). Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta mendatangkan tamu dari Müenster University Jerman, Prof. Dr. Julianne Stude untuk menyampaikan materi dengan tema “Children’s Literature, Language Acquisition and Literacy”, yang dilaksanakan di Ruang Theatre lantai 3 Gedung Sugeng Mardiyono Universitas Negeri Yogyakarta. Kegiatan ini dimoderatori oleh Wadir II PPs UNY, Dr. Dra Widyastuti Purbani, M.A.

Pages