Yudisium Periode September 2013: Mahasiswa Asing Asal Bangladesh Meraih IPK 4,00

Senin, 30 September 2013, Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta telah berhasil melaksanakan upacara yudisium bagi 54 mahasiswa program Magister dan 7 mahasiswa program Doktor. Pada yudisium kali ini, sekitar 38% atau sebanyak 23 mahasiswa, yaitu 21 mahasiswa dari program Magister dan 2 mahasiswa dari program Doktor berhasil meraih predikat cumlaude. Saudara Mahmud Al Haq Patwary dari program studi Teknologi Pembelajaran (TP) S2, yang merupakan mahasiswa asing KNB dari Bangladesh, berhasil meraih IPK sempurna, yaitu 4,00. Hal ini tentu saja memberikan suatu kebanggaan tersendiri bagi Bapak Herman Dwi Surjono, Ph.D. selaku Kaprodi TP pada khususnya dan Program Pascasarjana UNY pada umumnya.

Rasa bangga yang luar biasa juga disampaikan oleh Dr. Peni Handayani dari program studi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, selaku wakil mahasiswa yang memberikan sambutan pada kesempatan itu. Beliau menyatakan bahwa rasa syukur atas keberhasilan diri pribadi dan rekan-rekan peserta yudisium patut dinyatakan/diutarkan dalam upacara yudisium tersebut. Selain rasa syukur, beliau juga menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh civitas akademika Program Pascasarjana UNY yang telah membantu para lulusan dalam menyelesaikan studinya. Harapan sekaligus doa bagi para peserta yudisium mengenai ilmu yang telah diperoleh agar dapat diaplikasikan sesuai bidangnya masing-masing di masyarakat tentu saja dengan niatan untuk memajukan pendidikan di Indonesia.

Selanjutnya, Prof. Pardjono, Ph.D. selaku Asisten Direktur I dalam hal ini mewakili Direktur Program Pascasarjana UNY, menyampaikan selamat atas keberhasilan para peserta yudisium telah berhasil menyelesaikan studinya di PPs UNY. Ucapan selamat juga disampaikan kepada Kaprodi/Sekprodi yang telah berhasil melayani secara maksimal mahasiswanya hingga mampu mengantarkan mereka meraih gelar Magister maupun Doktor. Selain itu, beliau juga menyatakan harapannya yang sangat besar akan ketepatan waktu studi harus menjadi target prioritas yang harus dicapai oleh mahasiswa pada lingkup pribadi dan oleh PPs serta UNY selaku pemberi wadah atau tempat bernaung mahasiswa tersebut menimba ilmu. Target bagi PPs UNY 3 tahun mendatang adalah 60% mahasiswa berhasil lulus tepat waktu. Beliau juga menyampaikan bahwa semakin banyak jumlah mahasiswa yang meraih cumlaude, hal itu menunjukkan bahwa lebih cepat lebih baik dalam hal kelulusan.  

Harapan Prof. Pardjono, Ph.D. serta PPs UNY agar para peserta yudisium setelah kembali ke lembaga masing-masing dapat melaksanakan tugas dan kewajibannya semula dengan penuh rasa tanggung jawab dan memaksimalkan kemampuan dalam mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh. Dengan demikian jika apa yang kita kerjakan dapat diterima di masyarakat terlebih lagi mendapatkan kesan positif yang mendalam, maka nama Program Pascasarjana UNY akan menjadi lebih baik. (Tina)