Tim EES PPs UNY Latih Pegawai BKN

Educational Evaluation Services (EES) atau Layanan Evaluasi Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta (PPs UNY) dipercaya memberikan pelatihan peningkatan kompetensi sumber daya manusia pengelola bank soal oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN). Pelatihan diberikan kepada 20 pegawai Badan Kepegawaian Negara (BKN) dari Region I maupun dari BKN pusat. Pelatihan dilaksanakan selama tiga hari, 1 – 3 Juli 2013 bertempat di Hotel UNY.

BKN bekerja sama dengan EES PPs UNY mengadakan pelatihan ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan BKN yang merupakan lembaga penyeleksi/recruitment calon pegawai negeri sipil, akan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi dalam menyusun soal dan mengelola bank soal (item bank). Dengan adanya pelatihan ini diharapkan peserta mampu menyusun butir soal yang baik untuk selanjutnya dikelola dalam bank soal.

Rangkaian kegiatan pelatihan ini dibuka langsung oleh Rektor UNY, Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.A. Pelatihan dimulai pada hari kedua yang dibuka oleh sekretaris BKN. Pada sambutannya, sekretaris BKN memberikan apresiasi kepada panitia pelaksana yang telah melakukan trobosan dengan melaksanakan kegiatan pelatihan peningkatan kompetensi sumber daya manusia. Kepada tim EES PPs UNY, beliau menyampaikan terima kasih atas kerja sama yang baik ini.

Pelatihan dilaksanakan selama 12 jam yang dibagi menjadi 6 sesi masing-masing 2 jam. Sesi pertama diisi oleh Prof. Djemari Mardapi, Ph.D. yang menyampaikan prinsip dasar penilaian.  Sesi kedua oleh Prof. Badrun Kartowagiran yang menyampaikan materi tentang teknik penyusunan soal. Sesi ketiga adalah praktik penyusunan butir soal yang dikoordinir oleh Prof. Djemari Mardapi dan Prof. Badrun Kartowagiran. Pada sesi ini peserta pelatihan diminta untuk membuat soal-soal untuk mengukur kemampuan verbal, numerik, dan analitik.

Sesi keempat adalah teknik  analisis butir soal baik secara manual maupun menggunakan software yang disampaikan oleh Dr. Samsul Hadi dan Dr. Heri Retnawati. Sesi kelima adalah presentasi tugas. Pada sesi ini peserta diminta menganalisis butir soal tes maupun nontes menggunakan software Iteman. Sesi terakhir disampaikan materi tentang prinsip-prinsip pengembangan bank soal  oleh Dr. Heri Retnawati. (Anggit P.).