Prodi S2 PMat UNJ Gali Grand Idea Tesis di PPs UNY

Prodi Magister Pendidikan Matematika Universitas Negeri Jakarta (UNJ) mengunjungi Program Pascasarjana (PPs) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) pada hari Jumat, 27 Mei 2016. Kunjungan yang diikuti oleh 30 mahasiswa dan 2 dosen Prodi S2 Pendidikan Matematika UNJ tersebut dimaksudkan untuk mendapatkan gambaran tentang Grand Idea Tesis mahasiswa S2 Pend. Matematika UNY.

Bertempat di Ruang Kuliah PPs UNY, rombongan disambut hangat dan akrab oleh Kaprodi, Sekprodi, dan mahasiswa S2 Pend. Matematika PPs UNY. Dr. Lukita Ambarwati, M.Si. didampingi Dr. Anton Noornia, M.Pd., mengucapkan terima kasih atas sambutan istimewa yang diberikan oleh PPs UNY. Beliau berharap semoga kunjungan akademik ini dapat tercapai tujuannya dan mahasiswa membawa pulang tambahan pengetahuan sebagai bekal penyelesaian studinya di UNJ.

Ucapan selamat datang dan terima kasih turut disampaikan oleh Kaprodi S2 Pend. Matematika PPs UNY, Dr. Jailani didampingi sekprodi, Dr. Dhoriva Urwatul W. Mewakili pimpinan PPs UNY, beliau merasa terhormat bahwa prodi yang dikelolanya menjadi tujuan kegiatan studi banding mahasiswa dari kampus yang merupakan almamaternya.

Dr. Jailani dalam kesempatan tersebut memaparkan tentang visi misi, sasaran prodi, dosen pengajar, struktur kurikulum, suasana akademik dan pembelajaran serta kegiatan penelitian dan kerjasama di Prodi yang dikelolanya. Selain itu, beliau juga memaparkan tentang prosedur penyelesaian tugas akhir (Tesis) sejak dari pengajuan judul, penentuan pembimbing, seminar proposal, bimbingan hingga terlaksananya ujian akhir.

Mahasiswa UNJ sangat antusias mendengarkan dan memperhatikan yang dipaparkan kaprodi S2 PMat UNY. Selanjutnya dalam sesi diskusi  mahasiswa UNJ memiliki banyak pertanyaan terkait tentang tema-tema penelitian tugas akhir, grand idea, judul, referensi, dan tindak lanjut dari hasi penelitian mahasiswa.  Selain itu, mahasiswa UNJ juga ingin menggali informasi tentang kendala yang dihadapi UNY dalam implementasi Kurikulum 2013, dan database serta persebaran alumni S2 Pend. Matematika UNY.

Dengan suasana akrab dan humoris, satu per satu pertanyaan mahasiswa UNJ dapat ditanggapi dengan baik oleh Dr. Jailani. Setelah dirasa cukup, acara diakhiri dengan tukar menukar cinderamata, dan foto bersama. Rombongan tamu melanjutkan agenda berikutnya yaitu kunjungan ke Perpustakaan PPs dan Perpustakaan UNY.  (Rubiman)

.