Prodi PEP Latih Guru SD dan SMP Menyusun Soal

Sabtu, 30 November 2013 prodi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (PEP) PPs UNY mengadakan kegiatan “Pelatihan Penyusunan Soal bagi Guru SD dan SMP di Kabupaten Sleman”. Kegiatan ini dilaksanakan kebagai salah satu wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu bahwa selain dalam berperan aktif dalam bidang pendidikan dan peneleitian, perguruan tinggi juga diharapkan melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Peserta pada pelatihan adalah 27 guru SMP dan 18 guru SD di Kabupaten Sleman Yogyakarta yang telah menerapkan kurikulum 2013. Dalam pelaksanaannya, pelatihan untuk guru SMP dipisahkan dengan guru SD kecuali pada materi penilaian dalam kurikulum 2013 dan praktik analisis butir menggunakan software ITEMAN. Selain kedua materi tersebut, juga disampaikan materi tentang penyusunan instrumen sikap dan penyusunan butir soal pilihan gandan dan uraian.

Peserta pelatihan memberi respon positif dan apresiasi yang tinggi terhadap prodi PEP yang telah melaksanakan kegiatan semacam ini. Para peserta menyadari bahwa materi yang diberikan benar-benar mereka butuhkan dalam melaksanakan pembelajaran di kelas terutama terkait penilaian dalam kurikulum 2013 dan penyusunan instrumen sikap.

Terkait praktik menggunakan ITEMAN, meskipun merupakan hal yang baru, mereka tetap antusias. Hal ini dikarenakan program ini sngat bermanfaat bagi mereka untuk mengetahui kualitas butir yang telah dibuat. Bahkan, beberapa perserta mengharapkan  pemateri untuk dapat memberikan bimbingan apabila mereka menemui kendala ketika mempraktikkan di sekolah. Mereka juga mengharapkan untuk dapat diundang lagi apabila ada kegiatan-kegiatan seperti ini. (Anggit P.)