PPs UNY Terapkan 4 Pilar Utama

Berdasarkan Keputusan Direktur Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta Nomor: 419 Tahun 2013, Program Pascasarjana UNY telah berhasil meluluskan 62 mahasiswa yang disahkan melalui upacara yudisium pada tanggal 28 Juni 2013.

Dari ke-62 mahasiswa yang mengikuti yudisium periode ini, 9 di antaranya berhasil meraih gelar Doktor dan 53 mahasiswa lainnya berhasil meraih gelar Magister. Prestasi yang cukup membanggakan bagi para peserta yudisium adalah terdapat 23 mahasiswa yang mendapatkan predikat cumlaude, yaitu 2 mahasiswa dari prodi Ilmu Pendidikan S3, 4 mahasiswa dari prodi Pendidikan Dasar S2 dan PTK S2, 1 mahasiswa masing-masing dari prodi IK S2, LT S2, PLS S2, dan P Mat S2, 2 mahasiswa masing-masing dari prodi MP S2, PSn S2, dan TP S2, serta 3 mahasiswa dari prodi PIPS S2. Dian Wahyuningsih dari prodi TP S2 berhasil meraih IPKA yang hampir sempurna yaitu 3,97.

Sebagai lulusan terbaik, Dr. Muhammad Ikhsan yang berhasil memperoleh IPKA 3,89 dari prodi IP S3, menyampaikan sambutannya sebagai perwakilan dari peserta yudisium. Kesan yang sangat mendalam bagi beliau adalah dengan selesainya studi di Program Pascasarjana ini tantangan yang semakin berat di lapangan sudah menghadang. Karena semakin tinggi ilmu yang diperoleh, maka kebermanfaatan kita bagi masyarakat harus terus ditingkatkan dan tentu saja juga harus semakin baik pula sikap dan kinerja kita. Pesan beliau bagi mahasiswa di tingkatan bawahnya, agar senantiasa belajar menimba ilmu setinggi-tingginya. Tidak hanya cukup di jenjang S2, akan tetapi terus berusaha untuk menyelesaikan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Beliau juga menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada pengelola, dosen dan semua staf karyawan PPs yang telah mendukung dan membantu kelancaran studi mereka di PPs UNY.

Selanjutnya, Direktur PPs UNY, Prof. Dr. Zuhdan Kun Prasetyo, memberikan sambutan pada Upacara Yudisium pertamanya dengan penuh rasa bangga. Harapan kepuasan yang sebesar-besarnya terhadap para peserta yudisium beliau sampaikan kepada seluruh peserta yudisium. Kepuasan itu tidak hanya karena telah berhasil meraih gelar Magister atau Doktor, akan tetapi para outcome PPs UNY diharapkan mampu menjadi andalan PPs sehingga dapat memberikan impact yang luar biasa di tengah-tengah masyarakat.

Dalam sambutannya, beliau juga menegaskan tentang 4 pilar utama yang menjadikan dasar sebagai upaya untuk mewujudkan kepuasan para lulusan PPs UNY, yaitu: networking, continuous staff development, reducing time study, dan improving grade point average (GPA). Dengan dasar 4 pilar ini, pengembangan sumber daya manusia dapat ditingkatkan secara maksimal. Hal inilah yang sedang dihadapi perguruan tinggi di Indonesia. PPs UNY sebagai salah satu perguruan tinggi yang mencetak para insan cendikia, berusaha semaksimal mungkin dalam upaya mendukung DIKTI akan 6 isu-isu yang sedang berkembang dewasa ini, yaitu: pemerataan, relevansi, kualitas, pengembangan karakter, daya saing dan internasionalisasi. Dengan harapan  sumber daya manusia yang dihasilkan mampu membawa kebermanfaatan yang besar bagi masyarakat Indonesia.

Pesan yang tidak kalah pentingnya beliau sampaikan kepada peserta yudisium. Di antaranya bagi para lulusan yang sudah bekerja, hendaknya ketika kembali ke lembaga asal mereka bekerja harus menjadi insan unggulan yang terbaik sehingga PPs dapat terus menjadi reference di masyarakat. Seperti slogan yang selalu ingin ditingkatkan oleh PPs UNY, yaitu “It’s more than just a degree”. Selain itu, beliau juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada peserta yudisium karena telah mempercayai PPs UNY sebagai tempat untuk menempuh dan menyelesaikan studi lanjutan. (Agustina DR.)