Perluas Pemahaman melalui Academic Discussion Series

Academic Discussion Series yang di laksanakan di Ruang teater Gedung Sugeng Mardiyono pada tanggal 16 November 2023 adalah acara kelima dalam rangkaian acara Academic Discussion Series yang diselenggarakan oleh Pascasarjana UNY. Kegiatan ini dihadiri oleh pembicara seperti Liene Leikuma-Rimicane yang merupakan Project Advisor di IT Cluster Latvia. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa S2 yang fokus dalam pendidikan teknologi dari Sekolah Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta.

Tujuan dari kegiatan Academic Discussion Series sesi kelima ini adalah untuk memperluas pemahaman mahasiswa doktoral yang fokus pada teknologi tentang bagaimana perubahan paradigma dan perubahan pola pikir di era digital. Liene menjabarkan bagaimana penerapan perubahan paradigma di dalam teknologi serta penerapan di dalam pembelajaran. Mahasiswa doktoral memperoleh pemahaman yang mendalam tentang perbedaan perubahan paradigma teknologi dan perubahan pola pikir di negara Latvia dan Indonesia. Terdapat perbedaan yang signifikan pada perkembangan teknologi, di Latvia, jaringan internet 5G sudah tersebar luas di seluruh wilayah dari tengah kota, hutan, hingga lautan sehingga masyarakat mudah untuk menjangkau internet. Selain itu, sumber daya manusia yang menerapkan pola pola pikir maju membuat negara Latvia menjadi nomor 1 di Eropa yang berhasil mengembangkan teknologi serta transformasi digital secara konsisten.

Melalui kegiatan ini, mahasiswa doktoral yang fokus dalam pendidikan teknologi diharapkan dapat mengembangkan pemikiran kritis dan analitis, serta keterampilan kolaborasi yang diperlukan dalam dunia pendidikan dan penelitian. Selain itu, pemahaman mengenai perubahan paradigma dan perubahan pola pikir diharapkan dapat diaplikasikan terhadap konteks nyata, baik dalam merancang pengajaran yang lebih interaktif dan berbasis pada teknologi sekaligus berorientasi pada kebutuhan masyarakat. Dengan mendalami konsep baru dan pendekatan yang lebih maju, mahasiswa doktoral dapat berperan dalam mengembangkan kualitas pendidikan dan kontribusi ilmiah sehingga dapat meningkatkan teknologi di Indonesia.