Peningkatan Kualitas Pembimbingan Tesis dan Disertasi di PPs UNY

Program Pascasarjana selalu melakukan inovasi untuk membantu percepatan penyelesaian studi mahasiswa. Di samping lulus cepat, kualitas lulusan pun sangat diperhatikan. Salah satu strategi yang ditempuh adalah meningkatkan kualitas pembimbingan tesis dan disertasi para mahasiswa.

Pada hari Jumat, 7 Februari 2014 Program Pascasarjana UNY melaksanakan pertemuan koordinasi peningkatan kualitas pembimbingan tugas akhir. Pertemuan yang diadakan di aula PPs UNY ini diikuti oleh seluruh dosen pembimbing tugas akhir mahasiswa baik tesis maupun disertasi.

Di awal acara, Rektor UNY, Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., M.A. menyampaikan terima kasih kepada Direktur PPs dan seluruh pengelola yang telah berinisiatif dan mengusahakan pertemuan tersebut. Selain itu, beliau berharap pertemuan seperti itu bisa dirutinkan sehingga pembimbingan semakin intensif dan terkoordinasi dengan baik. Proses pembimbingan bisa diarahkan, dikendalikan agar berjalan dengan baik untuk menanggulangi penggelembungan lulusan. “Kegiatan semacam ini didukung penuh untuk membawa pengaruh yang signifikan dan positif untuk mendukung percepatan studi mahasiswa”, tutupnya.

Asisten Direktur I PPs UNY, Prof. Pardjono, Ph.D. memberikan paparan yang berjudul Permasalahan dalam Bimbingan Tesis dan Disertasi.  Sebagai Asisten Direktur bidang akademik beliau mencatat hal-hal yang sering terjadi dalam proses pembimbingan tugas akhir. Hal tersebut antara lain, perubahan judul tesis dan disertasi, ketentuan jumlah variabel, jenis penelitian mahasiswa yang sesuai dengan panduan. Selain itu, sering terjadi konflik antara reviewer dengan pembimbing. Proses pembimbingan diharapkan bisa dilaksanakan dengan baik. Pembimbing harus memonitor keaktifan dan kemajuan penulisan tugas akhir. Mengatur jadwal pertemuan dengan mahasiswa dengan baik. Akhirnya, untuk memenuhi peraturan DIKTI tentang kewajiban menulis artikel yang dimuat dalam jurnal terakreditasi juga harus dibantu oleh pembimbing.

Tampil sebagai pembicara kedua yaitu, Kaprodi S-2 & S-3 Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (PEP) PPs UNY, Prof. Djemari Mardapi, Ph.D. Sebagai pakar analisis data dan statistik, beliau memaparkan permasalahan yang berkaitan dengan kedua hal tersebut antara lain Uji Beda, Analisis Multivariat, Multivariat, Uji Signifikan, dan Penentuan Sampel. Selain itu, beliau juga menyampaikan kriteria tesis dan disertasi yang berkualitas juga beberapa hal penting yang patut diperhatikan oleh pembimbing, misalnya latar belakang masalah, kajian pustaka, jumlah sumber yang dipakai, kajian teori, dan metodologi penelitian. “Untuk masalah bimbingan perlu adanya pengendalian seperti adanya kartu bimbingan, pertemuan periodik antara dosen dan mahasiswa, jadwal pertemuan, serta kontrak penelitian”, tutupnya.

Sebagian besar peserta yang merupakan dosen pembimbing tugas akhir menyambut baik dan mendukung dirutinkan pertemuan tersebut. Tanggapan yang lain perlunya standar tesis dan disertasi yang layak diujikan dan dinilai lulus, pengendalian/monitoring penyelesaian penulisan tugas akhir, aturan tata tulis dalam kedua karya ilmiah tersebut, dan pengembangan hasil penelitian mahasiswa untuk kemajuan pendidikan di Indonesia. (Rb)