PENGENALAN KEHIDUPAN KAMPUS MAHASISWA BARU (PKKMB) SEKOLAH PASCASARJANA UNY 2023/2024

Pelaksanaan kegiatan Orientasi Kampus bagi Mahasiswa Baru Intake Ganjil 2023/2024, Kamis-Jumat (10-11 Agustus 2023) dihadiri oleh Jajaran Pascasarjana yaitu Direktur, Wakil Direktur 1 (Bagian Akademik dan Kemahasiswaan), Wakil Direktur 2 (Bagian Keuangan dan Sarpras), Koordinator Prodi, Subbag, serta Organisasi Keluarga Mahasiswa Sekolah Pascasarjana (KMSP) selaku Panitia dalam kegiatan Orientasi Kampus Mahasiswa Baru Intake Ganjil 2023/2024. Kegiatan Orientasi Kampus Sekolah Pascasarjana dilakukan secara luring di Gedung Imam Barnadib Lt. 7 yang dipandu oleh pembawa acara dan panitia. Tercatat mahasiswa Sekolah Pascasarjana UNY Tahun Akademik 2023/2024 intake ganjil sebanyak 97 mahasiswa yang terdiri dari program studi S3 Ilmu Pendidikan, S3 PTK, S3 PEP, S2 PTK, S2 PEP, S2 Ilmu Lingkungan dan S2 MSDMP.

Kegiatan PKKMB mengusung tema “Orientasi Kampus berkualitas, Wujudkan Mahasiswa Sekolah Pascasarjana Berkarakter Unggul, Kreatif, Inovatif, dan Berdaya saing Global di Era Revolusi Industri 5.0. Kegiatan PKKMB dilaksanakan selama 2 hari dimana hari pertama diawali dengan pemutaran video profil Sekolah Pascasarjana, Laporan kegiatan oleh Ketua KMSP yakni saudara Roni Eka Rahmat, kemudian sambutan. Dalam kesempatan tersebut, Direktur PPS UNY Prof. Dr. Anik Ghufron, M. Pd memberikan ucapan selamat datang kepada mahasiswa baru Program Magister maupun Program Doktor di UNY. “Sekolah Pascasarjana UNY memiliki visi yakni pada Tahun 2025 menjadi Program Pascasarjana Kependidikan yang Unggul dalam Pendidikan dan Penelitian di Asia Tenggara, sesuai dengan Nilai-Nilai Ketaqwaan, Kemandirian dan Kecendekiaan. Sekolah pascasarjana UNY merupakan sekolah pasca sarjana yang unggul, banyak alumni Ssekolah Pascasarjana yang berhasil dan sukses setelah lulus” Ungkap Prof. Anik Ghufron.

Kegiatan dilanjutkan dengan pengenalan Program Pascasarjana dimulai dari jajaran Direktur, Ka Prodi, Kasubag serta Unit Pendukung. Setelah itu, Wakil Direktur II Dr. Widyastuti Purbani, M.A menyampaikan tentang Keuangan dan Sarpras. Beliau juga memotivasi mahasiswa bahwa mereka merupakan mahasiswa luar biasa karena bisa melanjutkan studi di Pascasarjana UNY yang merupakan salah satu Universitas terbaik di Indonesia. Dalam kesempatan ini beliau juga menyampaikan harapannya agar mahasiswa yang unggul dan dapat lulus tepat waktu. Oleh karenanya, dalam kegiatan PKKMB tersebut mahasiswa baru juga mendapatkan bekal dari bagian Publikasi yang disampaikan oleh Prof. Erna Andriyanti, Ph.D. mengenai tips dan trik untuk menulis ilmiah. Selanjutnya, kegiatan orientasi dilanjutkan dengan pengenalan prodi yang dibersamai oleh masing-masing Kaprodi. Dalam kesempatan tersebut masing-masing kaprodi menyempaikan visi misi prodi, kurikulum, dan profil lulusan.

Hari kedua PKKMB dilanjutkan dengan kuliah umum dengan tema “Membentuk Karakter Mahasiswa Sekolah Pascasarjana Yang Unggul, Kreatif, Inovatif Dan Berdaya Saing Global Di Era Revolusi Industri 5.0”. Kuliah umum disampaikan oleh Rektor universitas Ahmad Dahlan (UAD), Dr. Muchlas, MT. yang merupakan alumni dari S3 PEP UNY. Kegiatan ini dihadiri oleh mahasiswa baru sekolah pascasarjana sebanyak 60 orang. Kegiatan kuliah umum berjalan sangat interaktif dengan materi yang menarik sebagai bekal mahasiswa dalam menyongsong revolusi Industri 5.0. (NR/ant)

.