Pelatihan Aplikasi Program R dalam Psikometri dan Penilaian Pendidikan

Perangkat lunak mahal? Ya! Itulah kenyataannya. Karena itu banyak orang yang mampu membeli komputer tetapi tidak mampu atau tidak mau membeli perangkat lunaknya. Padahal komputer tanpa perangkat lunak tidak dapat digunakan. Akibatnya pembajakan perangkat lunak banyak dilakukan orang.

Sekarang telah banyak dikembangkan perangkat lunak komputer open source yang dapat dikopi bebas tanpa melanggar hak cipta. Salah satu perangkat lunak komputer open source tersebut adalah program R. Perangkat lunak ini dikembangkan untuk menyelesaikan analisis statistik dan perhitungan lainnya, termasuk perhitungan yang sering dilakukan dalam bidang psikometri.

Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (PEP) PPs UNY akan menyelenggarakan pelatihan aplikasi program R yang potensial ini pada bidang psikometri dan penilaian pendidikan. Instruktur pelatihan ini adalah Dr. David J. Hesson dosen Fakultas Social and Behavioural Sciences, Jurusan Metodology and Statistics, Utrecht University Belanda.

Pelatihan ini akan dilaksanakan selama empat hari, yaitu tanggal 15 - 18 Juni 2009. Jumlah peserta pelatihan ini dibatasi sebanyak 40 orang yang diharapkan dapat mewakili semua perguruan tinggi penyelenggara program studi Psikologi, Evaluasi Pendidikan, atau Penelitian dan Evaluasi Pendidikan yang ada di Indonesia. Waktu pendaftaran 15 April s/d 30 Mei 2009. Informasi lengkap dapat di-download di sini.