Mudahnya Pembelajaran Geogebra dengan Metode My_OT

Salah satu cara meningkatkan kualitas pembelajaran matematika adalah dengan menggunakan teknologi. GeoGebra sebagai program aplikasi matematika yang gratis, bersifat dinamis dan interaktif dapat mendukung pembelajaran matematika di sekolah. “GeoGebra dikembangkan oleh Markus Hohenwarter pada tahun 2001. Menurut Hohenwarter dan Fuchs, GeoGebra sangat bermanfaat sebagai media pembelajaran matematika” buka Assoc. Prof. Dr. Hutkemri Zulnaidi dari Departemen Matematika dan Sains Universiti Malaya.

Geogebra sangat membantu sekali dalam pembelajaran matematika karena Geogebra dapat digunakan untuk demonstrasi dan visualisasi, sebagai alat bantu konstruksi, untuk eksplorasi dan penemuan matematika, sebagai perangkat lunak pembangun bahan ajar (authoring tools) dan bisa digunakan untuk mengecek jawaban soal-soal matematika. Bekerja di Geogebra dapat dilakukan dengan menggunakan masukan geometri dan masukan aljabar.

Hutkemri memaparkan Pembelajaran Geogebra melalui media online tidak sesulit yang dibayangkan. Ada beberapa metode pembelajaran online antara lain MyOT_G, Google Wall, Rothe_Q, Kadageo, atau ValeaOff. Dengan metode My_OT, Hutkemri menjelaskan bahwa siswa yang menggunakan metode My_OT lebih bisa mengembangkan Logika Proposisional dibandingkan dengan metode konvensional. My_OT memiliki keunggulan lebih bisa diakses di mana saja kapan saja. Lebih lanjut, siswa akan lebih berfikir kreatif dan lebih kritis. Hutkemri juga menjelaskan bahwa siswa lebih tertarik dengan matematika dan dapat meningkatkan penalaran Matematika. (ant)

 

.