Monitoring Perkembangan Studi Mahasiswa S3 PEP

Guna mendapatkan informasi terkait perkembangan studi mahasiswanya, maka adalah suatu kewajiban bagi pengelola program studi untuk melakukan monitoring. Untuk itu, pada hari Kamis, 10 Juli 2014, prodi Penelitian dan evaluasi Pendidikan PPs UNY mengadakan kegiatan monitoring perkembangan studi mahasiswa S3 PEP angkatan 2012 bertempat di ruang 202 PPs UNY.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh kaprodi PEP, Prof. Djemari Mardapi, Ph.D. didampingi sekprodi, Prof. Dr. Badrun Kartowagiran. Dalam sambutannya, kaprodi menyampaikan bahwa kegiatan seperti ini penting untuk memantau sejauh mana perkembangan studi mahasiswa khususnya dalam penyusunan disertasi. Selain itu, kegiatan ini juga sebagai sarana komunikasi baik antara pengelola prodi dengan mahasiswa maupun antar mahasiswa.

Pada kegiatan ini setiap mahasiswa melaporkan perkembangan penyusunan disertasinya masing-masing. Dari laporan-laporan mahasiswa, seluruh mahasiswa sudah melakukan bimbingan dengan pendamping masing-masing dan beberapa mahasiswa sudah ujian proposal disertasi. Dalam kegiatan ini mahasiswa menyampaikan informasi bahwa setelah melakukan bimbingan dengan pendamping, mereka mendapat masukan dari pendamping terkait penelitian yang akan dilakukan.

Kaprodi menggarisbawahi bahwa apabila dalam pembimbingan terjadi perubahan judul, agar segera melapor ke kaprodi atau sekprodi. Terkait proses bimbingan, kaprodi menyampaikan bahwa agar mahasiswa selalu menjalin komunikasi dengan pendamping. Sekprodi menambahkan bahwa apabila ada kendala atau hal-hal perlu dibicarakan dengan pengelola prodi agar disampaikan kepada kaprodi atau sekprodi. Selanjutnya, kegiatan ini akan rutin dilaksanakan untuk memperlancar penyelesaian studi mahasiswa PEP. (Anggit P.)