Kunjungan Kemitraan Universitas Kebangsaan Malaysia ke PPs UNY

Program Pascasarjana UNY mendapat kunjungan kemitraan dari Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM) pada Sabtu (29/06/2013) di Aula PPs UNY. Kunjungan kemitraan tersebut merupakan salah satu bentuk realisasi kerjasama UNY dengan UKM. Dekan Faculty of Education UKM, Prof. Dr. Lilia Halim beserta ketua rombongan Prof. Dato' Dr. Tamby Subahan Mohd Meerah, hadir untuk membahas kemungkinan-kemungkinan kerjasama yang dapat dirintis dengan PPs UNY.

Asisten Direktur II, Prof. Dr. Muhyadi yang menyambut para rombongan menyampaikan rasa bangganya karena para rombongan dari UKM bersedia mampir di PPs UNY. Beliau juga berharap dengan kunjungan tersebut dapat membahas beberapa kemungkinan kerjasama yang dapat dibangun seperti penerbitan jurnal internasional, joint research, seminar internasional, dan lain sebagainya. Selain itu, beliau juga berharap kedua institusi dapat meningkatkan pembelajaran dan kelembagaan melalui kunjungan tersebut.

Dekan Faculty of Education UKM, Prof. Dr. Lilia Halim juga menyampaikan rasa terima kasih atas penyambutan yang hangat dari PPs UNY. Prof. Lilia banyak menyampaikan tentang kerjasama yang telah terjalin dengan berbagai universitas dari negara-negara lain seperti penelitian bersama, kunjungan, seminar yang menurutnya sebagai bagian dari pengalaman pembelajaran di luar kelas bagi mahasiswa di UKM. Beliau juga tertarik dengan pendidikan luar sekolah yang dimiliki oleh UNY. Hasil-hasil penelitian dari salah satu prodi yang dimiliki di FIP dan PPs UNY tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi UKM. Sehingga proyek penelitian banyak dilakukan dengan Prodi tersebut.

UKM sendiri telah dinobatkan sebagai salah satu universitas penelitian di Malaysia. Sehingga program-program unggulan di UKM yaitu penelitian pendidikan di berbagai bidang seperti evaluasi, asesmen, linguistik, sains, dan lain sebagainya. Para Kaprodi di PPs UNY juga menyambut baik kunjungan UKM tersebut. Rancangan kerjasama sedang disusun terutama pada program penerbitan bersama jurnal internasional dan penelitian bersama. (Sinta)