Dr. Chibanu Aslam Teliti Model Akreditasi Program Studi

Akreditasi adalah bentuk penilaian (evaluasi) dan merupakan proses menentukan sejauh mana tujuan pendidikan dapat dicapai. Manfaat dari evaluasi di sini agar memberikan informasi yang dipakai dasar untuk  membuat kebijakan dan keputusan, menilai hasil yang dicapai siswa, menilai kurikulum, memberikan kepercayaan pada institusi , memonitor dana yang telah diberikan/dikeluarkan, dan memperbaiki materi dan program pendidikan. Evaluasi diri dan akreditasi merupakan hal yang sangat penting untuk menilai tingkat pencapaian kinerja program studi. Demikian paparan Dr. Chibanu Aslam dalam Ujian Terbuka dan Promosi Doktor yang digelar pada Senin (10/3/2014) di Aula PPs UNY.

Dalam penelitiannya,  guru MAN Lab. Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ini fokus pada bagaimana mendapatkan model akreditasi prodi dapat dipergunakan untuk mencari bobot semua standar secara keseluruhan. Selain itu, strategi agar penelitian dapat dijadikan pedoman dalam pelaksanaan akreditasi sesuai dengan kriteria Goodness of Fit Indices. Dalam penelitian ini juga termuat tata cara pembuatan instrumen standar-standar untuk pelaksanaan akreditasi prodi dan pembuatan persamaan struktural model akreditasi prodi untuk standar-standar akreditasi prodi.

Penelitian yang dipromotori oleh Prof. Djemari Mardapi, Ph.D. dan Prof. Zamroni, Ph.D. tersebut dilakukan sejak Februari 2011 dengan responden pengelola dan mahasiswa program studi pada perguruan tinggi negeri dan swasta se Jawa Tengah dan DIY. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan model akreditasi perguruan tinggi yang mencakup hubungan standar: dimensi strategik (visi, misi, tujuan, sasaran, dan strategi pencapaian), dimensi akademik (kurikulum, pembelajaran, dan suasana akademik), dimensi tangible asset (pembiayaan, sarana prasarana, dan sistem informasi), dimensi pengelolaan penelitian (penelitian, PPM, dan kerjasama), dimensi SDM (dosen dan tenaga kependidikan), dimensi kemahasiswaan (mahasiswa dan lulusan), dan dimensi pengelolaan prodi (tata kelola, kepemimpinan, sistem pengelolaan, dan penjaminan mutu) terhadap kinerja program studi dalam permodelan path analysis.

Hasil penelitian dengan melibatkan 504 responden yang dianalisis mempergunakan analisis jalur untuk menentukan kriteria Goodness of Fit. Dari analisis tersebut menunjukkan bahwa kinerja prodi ditentukan oleh dimensi: 1). Strategik 2). Akademik, 3). Tangible Asset, 4). Pengelolaan Penelitian, 5). SDM, 6). Kemahasiswaan, dan 7).Pengelolaan Prodi. Saran yang direkomendasikan dari penelitian ini adalah pengelola prodi, dosen, dan tenaga non kependidikan dalam melaksanakan kegiatannya agar lebih memahami konsep visi, misi, tujuan, dan strategi pencapaian.

Di hadapan tim penguji, Dr. Chibanu Aslam dapat mempertahankan disertasinya sehingga berhak menyandang gelar doktor kependidikan yang ke-212 di PPs UNY dan doktor ke-129 di Prodi PEP dengan hasil Sangat Memuaskan. (Rb)