December 2013

Dr. Asbaruddin Kembangkan Model Unit Produksi Agrotechnopreneur

Di penghujung tahun 2013, PPs UNY kembali meluluskan seorang doktor dari Prodi S3 Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (PTK). Dr. Asbaruddin merupakan Doktor ke-199 di PPs UNY dan Doktor ke-56 di Prodi PTK. Pembantu Ketua I STIP YASHAFA, Aceh tersebut berhasil lulus dengan hasil Sangat Memuaskan berkat penelitiannya yang berjudul “Model Unit Produksi Agrotechnopreneur: Unit Produksi Kemitraan Antara SMK dengan Dunia Usaha pada Kelompok Pertanian di Provinsi Aceh” dalam Ujian Terbuka dan Promosi Doktor yang digelar pada Kamis (19/12/2013) di Aula PPs UNY.

Dr. Djoko Laras Kembangkan Model Asesmen Kompetensi Keahlian

Pengembangan model asesmen kompetensi diharapkan mampu menyumbang pada pendidikan di Indonesia yang mengemban tugas memperbaiki kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang mengalami banyak masalah terutama pada aspek kualitas dan relevansi. Masalah aspek kualitas dan relevansi pendidikan kejuruan banyak terhambat oleh masih kurangnya harmonisasi dan komunikasi antar sektoral dan stakeholder.

Dr. Monika Gultom Kembangkan Model Evaluasi Reflektif Kurikulum

Deretan lulusan doktor dari Prodi S3 Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (PEP) kembali bertambah. Dr. Monika Gultom berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul “Model Evaluasi Reflektif Kurikulum Mata Kuliah Keahlian Pendidikan Bahasa Inggris dalam Pengembangan Karakter Bangsa (Nasionalisme)” dihadapan tim penguji yang diketuai oleh Prof. Zuhdan Kun Prasetyo, M.Ed. pada Ujian Terbuka dan Promosi Doktor yang digelar pada Sabtu (14/12/2013) di Aula PPs UNY. Dr.

Dr. M. Duskri Kembangkan Tes Diagnostik Kesulitan Belajar Matematika di SD

PPs UNY kembali meluluskan seorang Doktor dari Prodi S3 Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (PEP) melalui Ujian Terbuka dan Promosi Doktor yang digelar pada Jumat (13/12/2013) di Aula PPs UNY. Dr. M. Duskri berhasil meraih gelar Doktor ke-196 di PPs UNY dan Doktor ke-119 di Prodi PEP berkat penelitiannya yang berjudul “Pengembangan Tes Diagnostik Kesulitan Belajar Matematika di SD” dengan hasil Sangat Memuaskan.

Ryo Suzuki Ajarkan Penerapan Lesson Study dalam Pembelajaran

Pada hari Senin, 2 Desember 2013 Prodi Pendidikan Dasar (Dikdas) mengadakan kuliah umum yang menghadirkan Ryo Suzuki (JICA Expert for Lesson Study) dari Japan International Center Academy. Acara ini dibuka oleh Prof Dr. Muhyadi selaku Asisten Direktur 2 PPs UNY. Dalam sambutannya, beliau berharap kesempatan ini dapat dipergunakan sebaik-baiknya untuk memperoleh pengetahuan baru terkait proses pembelajaran khususnya lesson study. Jepang merupakan negara yang mengembangkan konsep dan praktik lesson study.

Prodi PEP Latih Guru SD dan SMP Menyusun Soal

Sabtu, 30 November 2013 prodi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (PEP) PPs UNY mengadakan kegiatan “Pelatihan Penyusunan Soal bagi Guru SD dan SMP di Kabupaten Sleman”. Kegiatan ini dilaksanakan kebagai salah satu wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu bahwa selain dalam berperan aktif dalam bidang pendidikan dan peneleitian, perguruan tinggi juga diharapkan melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat.