March 2020

CEGAH COVID- 19, UNY LAKUKAN PENYEMPROTAN DISINFEKTAN

Untuk merespon kebijakan pemerintah untuk mencegah perluasan Corona Virus Disease (Covid-19), PPs UNY adakan penyemprotan disinfektan di seluruh  ruangan PPs UNY. Seperti yang telah dijelaskan oleh Wakil Rektor Bidang Umum Dan Keuangan Prof. Edi Purwanta menjelaskan bahwa pada Jumat 20 Maret lalu Gedung yang disemprot disinfektan adalah Gedung Rektorat “(Sedangkan) untuk fakultas dan unit lain akan dilakukan pada Sabtu dan Minggunya” imbuh Edi Purwanta.

Penebaran Bibit Ikan sebagai Inisiasi Kegiatan Dies Natalis ke-56 UNY

Rektor UNY, Prof. Dr. Sutrisna Wibawa, M. Pd. secara simbolis menyerahkan bibit ikan kepada Ketua Kelompok Sadar Wisata Serpeng, Desa Pacarejo, Semanu, Gunungkidul, Sutikno. Sutrisna mengungkapkan bahwa bantuan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Semanu dan sekitarnya. “Bibit ikan ini sedianya ditebar di Telaga Srilulut, Pedukuhan Serpeng agar masyarakat sekitar bisa mendapatkan manfaatnya” Ungkapnya pada Sutikno.

Penggunaan Teknologi untuk Pembelajaran Linguistic

Computational linguistics (CL) adalah aplikasi ilmu komputer untuk analisis, sintesis dan pemahaman bahasa tertulis dan lisan” buka Prof. Girish Nath Jha dari Jawaharlal Nehru University India dalam pemaparannya di depan mahasiswa PPs UNY. Linguistik komputasi digunakan dalam terjemahan mesin instan, sistem pengenalan suara, synthesizer text-to-speech, sistem respons suara interaktif, mesin pencari, editor teks dan bahan pengajaran bahasa.

PENGUKUHAN GURU BESAR BIDANG ILMU FISIKA ZAT PADAT

Internet (interconnected network) menjadi kebutuhan yang tidak dapat dielakkan dalam kehidupan saat ini karena memungkinkan penyediaan layanan informasi yang saling terkait. Teknologi world wide web (www), surat elektronik, dan telepon internet adalah contohnya. Internet memungkinkan terjadinya komunikasi jarak jauh melalui pesan instan, forum internet, bahkan jejaring sosial seperti Whatsapp, Facebook, Instagram, dan Twitter. Adanya internet di Indonesia tidak lepas dari adanya broadband network atau jaringan pita lebar.

PENGUKUHAN GURU BESAR BIDANG ILMU PENILAIAN PEMBELAJARAN FISIKA

Setiap satuan pendidikan selain melakukan perencanaan dan proses pembelajaran, juga melakukan penilaian hasil pembelajaran sebagai upaya terlaksananya proses pembelajaran yang efektif dan efisien. Reformasi kurikulum yang dilakukan pemerintah, salah satunya dengan pembaharuan pedoman proses pembelajaran. Seorang pendidik harus memiliki kompetensi pendidik yang meliputi kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional.

Model Manajemen Program Pendidikan Karakter Berbasis Pemanfaatan Smartphone untuk Sekolah Menengah Dalam Era Revolusi Industri 4.0

Sugeng Widarso mengembangkan Produk penelitian berupa model manajemen program pendidikan karakter berbasis pemanfaatan smartphone yang teruji, efektif dan memiliki kualitas keterapan yang tinggi untuk sekolah menengah di era revolusi industri 4.0. Produk yang digunakan Sugeng ini merupakan model yang dihasilkan menggunakan sistem manajemen yang terdiri atas input, proses dan output. Sementara itu fungsi manajemen yang diterapkan meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian.