February 2017

Workshop Penyusunan Learning Outcomes Prodi S2 PLB

Sesuai katentuan yang tercantum dalam Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN DIKTI) Tahun 2014, setiap program studi wajib dilengkapi dengan target capaian pembelajaran (learning outcomes/LO), sebagai bentuk akuntabilitas penyelenggaraan program terhadap pemangku kepentingan. Setiap program studi perlu mengkaji, mengoreksi, menyesuaikan, merumuskan ulang ataupun memperbaharui rumusan LO-nya agar dapat memenuhi ketentuan yang berlaku dan sesuai dengan esensi LO.

Model Evaluasi Program Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah

Kehidupan masyarakat saat ini dihadapkan pada banyak permasalahan seperti menurunnya tata krama dan etika dalam kehidupan sosial, baik di lingkungan keluarga, sekolah (madrasah), maupun lingkungan masyarakat di sekitarnya. Hal ini terjadi karena berbagai hal, salah satu penyebabnya adalah  kurang optimalnya pembelajaran agama islam khususnya di sekolah dalam hal ini madrasah.

Implementasi Kurikulum SMK Bidang Keahlian Kriya di DIY

Suharno, M.Pd., mengatakan bahwa saat ini pertumbuhan industri kreatif sangat dinamis dan dituntut untuk menghasilkan produk yang sesuai dengan selera pasar. Hal ini memerlukan lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang mempunyai kompetensi yang mampu membuka lapangan kerja, menghasilkan produk yang laris di pasaran, pekerja keras, kreatif dan inovatif yang mampu menciptakan solusi menghadapi berbagai permasalahan.