Yudisium September: Wujudkan Membangun Indonesia Menata Dunia

Kumandang lagu Indonesia Raya dan Hymne UNY mengawali pembukaan acara yudisium periode September 2014 di Program Pascasarjana UNY. “Membangun Indonesia Menata Dunia”, cuplikan dari lagu Hymne UNY itu begitu melekat di hati seorang peserta yang merupakan perwakilan dari peserta yudisium dari program Doktor, yaitu Ibu Rahmawati. Ibu Rahmawati adalah salah satu lulusan terbaik dari program studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan yang berhasil meraih IPK hampir sempurna, yaitu 3,99. Kalimat dalam lagu Hymne UNY tersebut menjadi cambuk bagi para peserta yudisium yang telah berhasil menyelesaikan studinya pada jenjang yang lebih tinggi, untuk dapat mengabdikan diri dan keilmuannya bagi masyarakat dunia pada umumnya dan masyarakat Indonesia pada khususnya.

Tidak hanya itu, beliau juga begitu bangga dan sangat bersyukur atas semua prestasi yang telah diraih peserta yudisium kali ini. Karena dari 107 peserta yudisium sebanyak 48 mahasiswa berhasil meraih predikat cumlaude. Ucapan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada segenap dosen yang telah membimbing dan mentransfer ilmunya, serta kepada tenaga kependidikan yang telah membantu kelancaran dalam proses administrasi.

“Jauh dari keluarga di rumah, bukanlah suatu penghalang untuk terus melanjutkan studi. Karena Program Pascasarjana UNY adalah rumah bagi para mahasiswa. Segenap dosen, tenaga kependidikan serta mahasiswa adalah satu keluarga yang akan terus saling membantu dan memberi support untuk keberhasilan bersama. Keluarga Program Pascasarjana UNY telah begitu besar memberikan kenangan indah kepada para mahasiswa, kenangan yang tidak hanya bersifat duniawi akan tetapi juga akhirati juga dipikirkan,” sepenggal kalimat itu disampaikan oleh salah satu staf Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang Kemendiknas RI ini.

Ucapan selamat serta kebanggaan yang tidak terkira juga disampaikan oleh Direktur Program Pascasarjana UNY, Prof. Dr. Zuhdan Kun Prasetyo, M.Ed. Center of Excellent dalam pendidikan adalah harapan dan tujuan yang ingin dicapai dalam prosesi pendidikan di Program Pascasarjana UNY.

Beliau juga menyampaikan bahwa mahasiswa adalah outcome yang positif yang nantinya akan bermanfaat bagi masyarakat. Segala bentuk keilmuan dan pengalaman yang diperoleh ketika melaksanakan studi, hendaknya ditransfer kepada masyarakat sehingga kalimat dalam lagu Hymne UNY, yaitu “Membangun Indonesia Menata Dunia” benar-benar bisa terwujud.

“Keberhasilan dari outcome atau lulusan akan memberikan impact kepada Program Pascasarjana UNY, diantaranya semakin banyak calon mahasiswa yang akan mendaftar di Program Pascasarjana UNY serta secara tidak langsung Program Pascasarjana UNY diberi kepercayaan untuk menyelenggarakan prodi baru sesuai SK dari Dikti,” ujar Prof. Dr. Zuhdan Kun Prasetyo, M.Ed. kepada seluruh peserta yudisium. (Tina)