Yudisium PPs UNY periode April 2013: "Segera implementasikan dan amalkan ilmu yang didapat selama kuliah"

Jumat (26/4). Sebanyak 50 calon Magister Pendidikan dan 9 calon Doktor Pendidikan memasuki ruangan Aula Program Pascasarjana UNY untuk mengikuti upacara Yudisium Periode April 2013.  Jumlah peserta yudisium yang memenuhi persyaratan akademik dan administratif sebanyak 59 orang. Terdapat 16 mahasiswa/i dengan predikat cumlaude yaitu  3 dari S3 PTK, 1 dari S3 IP, 2 dari S2 LT, 3 dari S2 MP, 1 orang PIPS, 3 dari S2 PSn dan 2 dari S2 PTK, demikian yang disampaikan oleh kaprodi ataupun sekprodi di lingkungan PPs UNY.

Setelah semua daftar peserta yudisium selesai dibacakan oleh kaprodi ataupun sekprodi terkait, direktur Pascasarjana UNY secara resmi meyudisium semua peserta. Dengan itu mereka berhak menyandang gelar Doktor Pendidikan untuk jenjang S3, Magister Pendidikan untuk jenjang S2, kecuali untuk prodi LT dengan gelar Magister Humaniora (M.Hum.) dan untuk prodi IK bergelar Magister Olahraga (M.Or.).

Selanjutnya, sebagai lulusan terbaik, Dr. Anas Arfandi dari prodi S3 PTK yang merupakan dosen UNM memberikan sambutan mewakili peserta yudisium. Sebagai wakil mahasiswa, Dr. Anas menyampaikan ucapan terima kasih kepada pengelola, dosen dan semua staf karyawan PPs yang telah mendukung dan membantu kelancaran studi mereka di PPs UNY. Selain itu, selama kuliah di Jogja mendapatkan kesan yang sangat mendalam. Mulai dari biaya hidup yang murah, budaya, dinamika sosial kondisi lingkungan masyarakat yang sangat berbeda dengan daerah asalnya.

Sambutan selanjutnya disampaikan direktur PPs UNY, Wardan Suyanto, Ed.D. Mewakili semua pengelola beliau mohon maaf apabila selama memberikan pelayanan selama mahasiswa studi di sini dirasa masih banyak kesalahan dan kekurangan. Selain itu, beliau mengharapkan setelah lulus sebagai titik awal perjuangan dan pengabdian para alumni agar segera mengamalkan dan mengimplementasikan ilmu yang didapat di bangku kuliah untuk memberikan kontribusi positif bagi kemajuan masyarakat, bangsa dan negara serta agama.

Beliau juga mendorong agar para alumni menyampaikan kesan yang baik ke khalayak umum dan menutupi kejelekan yang didapat. Mereka yang telah sukses selesai studi dengan cepat diminta menularkan kepada adik angkatan untuk bisa mengikuti jejak mnyelesaikan studi tepat waktu untuk meningkatkan akreditasi prodi dan perguruan tinggi. Beliau berpesan kepada para peserta bahwa sebagai alumni mereka harus senantiasa selalu mengembangkan keilmuan yang telah didapatkan selama menempuh studi. (Rb)