Workshop Penyusunan Proposal Kegiatan 2015 PPs UNY

Pelaksanaan seluruh kegiatan Program Pascasarjana (PPs) UNY tahun 2015, baik tingkat PPs maupun Program Studi, berpedoman pada sejumlah peraturan. Peraturan tersebut antara lain Rencana Pengembangan Jangka Panjang (RPJP) UNY menuju WCU 2015-2025, Rencana Strategis (RENSTRA) UNY tahun 2015-2019, RKPT UNY tahun 2015, SBU UNY tahun 2015, dan Term of Reference (TOR) kegiatan PPs.

Workshop ini didampingi oleh dua orang narasumber yaitu, Asisten Direktur II PPs UNY, Prof. Dr. Muhyadi dan Dr. Dimyati, M.Si. selaku Koordinator Penjaminan Mutu. “Sampai saat ini PPs telah berhasil menyusun 13 TOR yang bisa dijadikan acuan pembuatan proposal kegiatan“, kata Prof. Muhyadi.

“Kegiatan yang bersifat ad hoc seperti studi laboratorium, akreditasi, seminar, workshop, dan sejenisnya dapat didanai dengan terlebih dahulu mengajukan proposal. Maka dengan workshop ini diharapkan Bapak/Ibu mampu menyusun proposal kegiatan sesuai dengan kaidah yang ditentukan“, lanjutnya.

Selain itu, komponen proposal kegiatan yaitu, waktu pelaksanaan kegiatan harus diselesaikan maksimal pertengahan November 2015. Hal ini terkait dengan mekanisme LPJ keuangan negara yang harus tuntas pada Desember 2015.

Sementara untuk komponen proposal yang lain adalah masalah penganggaran. Anggaran yang dicantumkan dalam proposal harus dirinci menurut Akun/MAK yang diperlukan sesuai DIPA. Selain itu, perlu dituliskan sumber dananya apakah rupiah murni ataukah PNBP/BLU. Selanjutnya perlu juga dituliskan nomor halaman RKPT untuk memudahkan monitoring.

Hal yang tidak kalah penting adalah penyusunan pertanggungjawaban pelaksanaan kegiatan. “Perlu diketahui bahwa seluruh kegiatan yang didanai oleh PPs harus dipertanggungjawabkan dalam bentuk dua hal yaitu pertanggungjawaban akademik dan keuangan. Kedua hal itu disusun mengacu pada proposal yang pernah diajukan untuk kegiatan yang berkaitan, “tutup Prof. Muhyadi.

Dalam workshop ini peserta telah mendapatkan format proposal dan LPJ yang bisa dijadikan acuan untuk pelaksanaan kegiatan di tahun 2015. (Rb)