Visitasi Perdana BAN PT 2017 di Program Pascasarjana UNY

Program Studi Magister (S2) Manajamen Pendidikan PPs UNY, beberapa waktu yang lalu telah mengajukan re-akreditasi kepada BAN PT. Setalah dilakukan desk evaluation, akhinya BAN PT mengutus  asesor untuk melakukan penilaian lapagan (field assessment). Kali ini tim asesor BAN-PT terdiri atas Prof. Dr. Rusdinal, dari Universitas Negeri Padang, dan Prof. Dr. Kartono, dari Universitas Negeri Semarang.

Minggu, 26 Februari 2017 tim asesor BAN-PT tiba di kampus UNY dan disambut oleh Wakil Rektor  I UNY, pimpinan PPs, kaprodi, sekprodi, dan beberapa dosen pengajar prodi MP. Kegiatan verifikasi bukti fisik baru dilakukan secara resmi esoknya, Senin, 27 Februari 2017.

Kegiatan visitasi diawali dengan pencermatan borang insitusi/borang pascasarjana. Kedua asesor langsung ditanggapi oleh Dr. Moch. Bruri Triyono (Direktur), Dr. Sugito, MA. (Asdir I), Losina Purnastuti, Ph.D. (Asdir II), dan Dr. Udik Budi Wibowo, Dr. Dimyati, dan Dr. Teguh Setiawan dari Tim Penjaminan Mutu. Karena sudah berpengalaman menghadapi visitasi beberapa prodi, proses verifikasi borang institusi dari standar 1 hingga 7 berjalan cukup lancar.

Di tengah-tengah kesibukannya, Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., M.A. berkenan menemui kedua asesor. Orang nomor wahid di UNY ini ikut nimbrung dalam penilaian borang institusi khususnya standar 1 pada bagian visi, misi dan strategi pencapaian. Kehadiran beliau cukup mewarnai dan mensupport pimpinan PPs dalam menanggapi pertanyaan asesor.
Setelah verifikasi borang institusi selesai, dilanjutkan dengan pencermatan borang prodi/Buku IIIA yang ditanggapi secara langsung oleh kaprodi, Prof. Dr. Sugiyono, sekprodi Dr. Lantip Diat Prasojo dan dibantu mahasiswa yang turut andil menyusun borang. Dalam visitasi ini, terdapat nuansa berbeda dari biasanya, dengan tambahan sentuhan teknologi informasi untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan secara cepat, dan akurat. Setiap kali asesor meminta menunjukkan bukti fisik yang menjadi lampiran borang, dengan sigap Staf Puskom, Aam Abraham Siang, S.Si., berhasil menampilkan dalam halaman website terkait.

Dalam kesempatan tersebut, Prof. Dr. Kartono, yang kebetulan merupakan alumni PEP PPs UNY, juga melakukan interview kepada dosen pengampu, dilanjutkan pengguna lulusan, dan tentunya para alumni dari prodi MP. Informasi yang digali berkaitan dengan sejauh mana keterlibatan dosen, pengguna lulusan, dan alumni dalam penyusunan borang akreditasi. 
Visitasi diakhiri dengan penandatanganan dan penyerahan berita acara dari asesor selaku mandataris BAN-PT kepada pimpinan PPs dan kaprodi MP. Catatan dan masukan diberikan oleh kedua asesor demi kemajuan prodi MP pada khususnya dan PPs UNY pada umumnya. 

Dilihat dari proses verifikasi yang berjalan cukup lancar, Prof. Dr. Sugiyono selaku kaprodi, dan diamini oleh Dr. Lantip Diat Prasojo selaku sekprodi merasa optimis akan mendapatkan nilai yang terbaik dan MP kembali menunjukkan keunggulannya dengan predikat A. (Rubiman).

.

Comments

Comment: 

Mudah2an dapat nilai A.
Aamiin.. ..

Comment: 

Alhamdulillah. Dah dapet A