STKIP Hamzanwadi Lombok Studi Banding ke PPs UNY

Program studi Pendidikan Matematika PPs UNY saat ini semakin diakui kiprah dan keberadannya dalam dunia pendidikan di Indonesia. Hal ini terbukti dengan semakin tingginya animo lulusan sarjana untuk melanjutkan kuliahnya di sini. Tercatat pada penerimaan mahasiswa baru gelombang tiga ini terdapat 88 calon mahasiswa baru yang menjatuhkan pilihannya pada prodi Pend. Matematika yang bersaing memperebutkan keberuntungan diterima sebagai mahasiswa.

Selain dari meningkatnya animo calon mahasiswa, juga terlihat dari sering datangnya perguruan tinggi negeri dan swasta yang berkunjung ke prodi ini dapat membuktikan hal tersebut. Seperti yang terjadi pada hari Jumat, 12/6/2015, prodi PM PPs UNY menerima kunjungan mahasiswa matematika dari STKIP Hamzanwadi Selong, Lombok Timur,  Nusa Tenggara Barat.

Tamu dari NTB tersebut diterima oleh kaprodi, Dr. Jailani, M.Pd., di ruang kuliah 101 dan 102. Dalam paparannya Pak Jai (panggilan akrab Dr. Jailani), menyampaikan berbagai hal mulai dari pengenalan prodi Pend. Matematika, visi, misi, dan tujuan prodi. Selain itu, beliau juga tidak lupa membeberkan masalah profil dan kompetensi lulusan.

Selanjutnya beliau juga menyampaikan sarana prasarana yang mendukung perkuliahan mahasiswa. Belajar  di UNY menempati ruang kuliah yang representatif dan nyaman. Selain itu, terdapat sarana refreshing dan olahraga seperti kolam renang, lapangan sepak bola, futsal, bulu tangkis, tenis, dan sebagainya.

Kurikulum yang dijalankan pada prodi PM di UNY masih memakai yang 42 sks. Pengelompokkan kurikulum terbagi dalam tiga kelompok besar yaitu mata kuliah Pascasarjana, mata kuliah prodi, dan mata kuliah pilihan. “Sampai saat ini alumni PM PPs UNY telah tersebar ke 34 provinsi di Indonesia. Kami merasa bangga karena mereka telah menduduki berbagai posisi strategis di tempat kerjanya. Salah satunya adalah kaprodi di STKIP Hamzanwadi tempat kalian belajar. Silahkan berkeliling sekitar kampus mumpung masih di Jogja”, tutup beliau.

Dalam kunjungan tersebut rombongan yang berjumlah 40 mahasiswa didampingi oleh kaprodi yang juga alumni PPs UNY, Lalu Muhammad Fauzi, M.Pd. (PM angkatan 2008), kepala Pusat Kerjasama dan Alumni, Muhammad Halqi, M.Pd. (alumni MP angkatan 2004), dan dua dosen pendamping.

Dengan antusias dan khidmat mereka mendengarkan paparan dari UNY dari awal hingga akhir. Setelah bertukar cinderamata kunjungan dilanjutkan ke perpustakaan dan melihat lingkungan sekitar kampus UNY. (Rubiman)