Seminar Nasional ISPI DIY

Tanggal 28-29 Juni 2009 lalu prodi PIPS bekerjasama dengan ISPI DIY (Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia) menyelenggarakan serangkaian Acara berupa Seminar Nasional pada tanggal 28 Juni 2009 di Aula KPLT FT UNY dengan Pemakalah Dr. Christopher Drake dari ALIVE (Association for Living Values Education) dan Prof. H. Slamet, PH, MA, M. Ed, MA, MLHR, Ph. D. Serta Pelaksanaan pelatihan Nasional pada esok harinya oleh Dr. Christopher Drake.

Pemakalah I Dr. Christopher Drake menyampaikan beberapa uraian tentang Sejarah, Visi, Misi, prinsip inti The Living Values Education Approach bahwa Visi LVE adalah cara mengkonseptualisasikan pendidikan yang mempromosikan pengembangan masyarakat belajar berdasarkan nilai dan menempatkan pencarian akan arti dan tujuan pada inti pendidikan. Beberapa pembicaraan lain disampaikan pula dalam seminar nasional Kegiatan, Lingkup Penggunaan dan Pengembangan Skema nilai pada Living Values Education.

Pemakalah II oleh Prof. H. Slamet PH, membahas seputar Pengembangan Pendidikan Karakter Siswa oleh Sekolah. BAgaimana rangkaian tujuan pengembangan manusia melalui pengembangan kualitas dasar manusia dan pengembangan kualitas instrumental. Jika dicermati mengapa karekter pendidikan penting? karena ada 3 alasan dasar yaitu karakter adalah bagian esensial manusia, saat ini karakter generasi muda mengalami erosi, pudar dan kering keberadaannya, terjadi detotalisasi kehidupan yang diukur dengan uang yang dicari dengan menghalalkan segala cara, dan karakter merupakan salah satu bagian manusia yang menentukan kelangsungan hidup seseorang. Beberapa upaya pengembangan pendidikan karakter siswa disekolah di paparkan juga dalam seminar nasional tersebut.