Prodi PIPS PPs Unima Studi Literatur ke PPs UNY

Rombongan dari PIPS PPs Universitas Negeri Manado (UNIMA) yang terdiri atas  Kaprodi, sekprodi, dan mahasiswa melaksanakan studi literatur ke PPs UNY, Selasa, 12/8/14. Mereka disambut oleh Asisten Direktur I, Kaprodi dan Sekprodi PIPS PPs UNY, Dekan FIS, Prof. Darmiyati Zuchdi, Ed.D. dan para mahasiswa i Aula PPs UNY.

Dalam sambutannya, sekprodi PIPS, Dr. Muhsinatun Siasah M., mengucapkan selamat datang di Green Campus UNY. Selanjutnya beliau menjelaskan seputar prodi PIPS. “PIPS dulunya menjalankan integrated study (dahulu merupakan kumpulan dari konsentrasi Sejarah, Geografi, Ekonomi dll)”, imbuhnya.

Kedepan PPs UNY telah mengajukan pembukaan prodi baru ke DIKTI. Sehingga nantinya konsentrasi tersebut sudah berdiri sendiri pada sebuah program studi. “Semoga dengan pertemuan ini kedua pihak dapat sharing knowledge yang dapat dibawa pulang ke Unima”, tutupnya.

Sementara itu kaprodi PIPS Unima, Prof. Dr. Ferdinand Kerebungu, M.Si mengucapkan terima kasih  atas sambutan yang diberikan PPs UNY. Beliau menjelaskan bahwa tujuan dari studi literatur ini adalah untuk untuk belajar dari pengalaman PIPS UNY dari segi sarana, kurikulum, pengembangan, dll. PIPS Unima merupakan prodi baru yang belum punya alumni sehingga perlu banyak belajar dari kampus yang sudah maju seperti UNY. Selama di UNY mereka akan mencari referensi yang ada di Perpustakaan UNY, PPs, dan FIS. “Harapannya sepulang dari UNY mahasiswa sudah punya bekal, gambaran, dan referensi untuk penyusunan tesisnya”, tutup Prof. Ferdinand.

Mewakili direktur PPs,  Asdir I PPs UNY, Prof. Pardjono, Ph.D. menjelaskan tentang suasana akademik yang ada di kampus ini. Sebagai asisten direktur bidang akademik beliau menjelaskan tentang program studi yang diselenggarakan PPs UNY baik jenjang magister maupun doktor. Selain itu, UNY yang punya motto "Leading in Character Education" punya Pusat Pendidikan Karakter yang diasuh salah satunya oleh Prof. Darmiyati Zuchdi, Ed.D.”Mudah-mudahan banyak hal positif yang bisa dibawa kembali ke Unima”, pungkasnya.

Setelah saling bertukar cinderamata dari masing-masing institusi, mahasiswa PIPS PPs UNY memberikan hiburan dengan menyanyikan beberapa lagu daerah seperti Apuse, Cublak Cublak Suweng, Yamko Rambe Yamko, Soleram, Ampar Ampar Pisang dll. Tak mau ketinggalan mahasiswa Unima juga menyanyikan lagu daerah mereka dan berpoco poco ria.

Setelah istirahat sejenak, acara dilanjutkan dengan diskusi tentang akreditasi prodi, trik penyelesaian tesis, kurikulum dan atmosfer akademik yang lain. Selanjutnya dalam studi literatur ini mahasiswa Unima menyempatkan diri untuk menyempurnakannya dengan mengunjungi Perpustakaan PPs, Pusat dan FIS untuk memperbanyak referensi. (Rb)