Praktek Kerja Lapangan Mahasiswa S2 Matematika UNEJ ke PPs UNY

Prodi Pendidikan Matematika PPs UNY mendapat tamu dari Prodi S2 Pendidikan Matematika Universitas Jember, Jumat (13/11/2015). Acara yang mengambil tempat di Ruang Sidang 202 tersebut dilakukan penyambutan oleh kaprodi, sekprodi dan mahasiswa. Dr Jailani, M.Pd. mengucapkan selamat datang atas kehadiran rombongan praktek kerja lapang dari UNEJ Jember. Mewakili pimpinan PPs yang kebetulan ada bersamaan acara yaitu seminar hasil penelitian, beliau merasa terhormat dan mengucapkan terima kasih atas kepercayaannya menjadikan UNY untuk tujuan kunjungan ini.

Sebelum beriskusi lebih lanjut, Dr. Hobri, M.Pd. selaku pendamping sekaligus kaprodi S2 Pendidikan Matematika UNEJ mengucapkan terim kasih atas sambutan yang hangat dan luar biasa dari tuan rumah. Melalui kunjungan ini beliau berharap bisa saling berbagi atau sharing dengan para dosen, mahasiswa, agar dapat meberikan manfaat dan tambahan wawasan serta jalinan kerjasama bagi kedua belah pihak.

Selanjutnya kaprodi PMat PPs UNY, Dr. Jailani memaparkan visi, misi, tujuan prodi, kurikulum yang diterapkan di UNY. “Prodi ini diselenggarakan berdasar atas tuntutan peningkatan kemampuan akademik sarjana dalam fungsinya sebagai pengajar dan peneliti dalam rangka mengabdi, membina, mengembangkan, dan mengamalkan ilmu agar lebih bermakna bagi masyarakat. Prodi ini dibuka mulai tahun 2004 mengingat banyaknya manfaat bidang matematika dan potensinya dalam pembangunan, “ungkapnya.

Pendidikan Matematika PPs UNY relatif sama suasana akademiknya, namun terdapat hal yang membedakan yaitu dengan pemberlakuan semester pendek antara semester 2 dan 3. Di dalamnya diselenggarakan mata kuliah proyek penulisan proposal tesis. Harapannya ketika memasuki semester 3 mahasiswa sudah mempunyai proposal tesis yang final dan segera diseminarkan untuk selanjutnya menjadi bekal dan dasar segera melaksankan penelitian dalam rangka tugas akhirnya.

Dalam pertemuan ini, mahasiswa UNEJ juga tak melewatkan kesempatan untuk berdiskusi dengan mahasiswa PPs UNY. Tema penelitian, proses pembimbingan, strategi penyelesaian tesis, hingga organisasi kemahasiswaan yang ada di sini menjadi bahan obrolan kunjungan ini.

Setelah selesai berdiskusi rombongan UNEJ melanjutkan agendanya yaitu mengunjungi perpustakaan, lab. komputer dan ruang perkuliahan yang dimiliki PPs UNY. Kunjungan diakhiri dengan bertukar cinderamata dan foto bersama. (Rubiman)