PPs UNY Luluskan Doktor ke-223

Isu penting yang selalu hangat dibicarakan dalam dunia pendidikan adalah peningkatan kualitas hasil belajar atau kompetensi lulusan dari sebuah lembaga pendidikan agar lulusan tersebut menjadi SDM bermanfaat, mampu bertahan dan bersaing dalam kehidupan sekarang dan masa yang akan datang. Pemerintah telah melakukan berbagai macam usaha untuk mencapai kualitas hasil belajar tersebut. Mulai dari penyempurnaan kurikulum yang mencakup SKL, materi yang harus dipelajari atau diajarkan, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian ketercapaian tujuan pembelajaran atau hasil belajar.( Kemendikbud, 2013).

Dalam hal penilaian ketercapaian tujuan pembelajaran terdapat berbagai macam motode. Salah satunya adalah dengan tes. Tersebutlah seorang dosen dari IKIP Sarsawati Tabanan Bali melakukan penelitian dalam hal penilaian hasil pembelajaran ini. Dialah Drs. Anak Agung Purwa Antara, M.Pd.

Mahasiswa program S3 Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (PEP) PPs UNY ini menyampaikan ringkasan disertasinya yang berjudul "Penyetaraan Vertikal dengan Pendekatan Klasik dan Item Response Theory pada Siswa Sekolah Dasar" dalam ujian terbuka dan promosi doktor di Aula PPs UNY pada hari Senin, 26 Mei 2014.

Dalam paparannya promovendus mengatakan bahwa penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode penyetaraan yang memberikan hasil yang lebih akurat pada penyetaraan vertikal dengan pendekatan Klasik dan penyetaraan vertikal dengan pendekatan IRT; karakteristik tes prestasi belajar matematika model campuran untuk kelas III, IV, V, dan VI Sekolah Dasar yang digunakan dalam penelitian ini; dan perkembangan kemampuan siswa kelas III, IV, V, dan VI Sekolah Dasar pada pelajaran matematika berdasarkan tes yang digunakan.

Penelitian ini adalah penelitian tentang penyetaraan vertikal dengan menggunakan data empirik yang dilakukan di Sekolah Dasar kelas III, IV, V, dan VI di Kabupaten Tabanan Bali dengan jumlah sampel 1034. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, penyetaraan dengan pendekatan Klasik memberikan informasi bahwa Standart Error of Equating (SEE) pada metode ekipersentil sebesar 0.505116 dan SEE metode linear sebesar 0.607607, sedangkan pada penyetaraan dengan pendekatan IRT memberikan informasi bahwa nilai Root Mean Square Different (RMSD) kemampuan (θ) yang dihasilkan metode mean&sigma sebesar 0.344474 dan metode mean&mean sebesar 0.393862.

Tes prestasi belajar matematika kelas III, IV, V, dan VI memiliki tingkat kesukaran butir (location) katagori sedang dengan besaran  berturut-turut -0.070, -0.228, -0.324, dan -0.430, memilki rerata indeks daya beda (slope) yang baik dengan besaran berturut-turut 0.537, 0.558, 0.639, dan 0.644, serta memiliki items fit statistics minimum berturut-turut sebesar 0.077, 0.052, 0.055, dan 0.198. Keempat metode penyetaraan yang digunakan memberikan informasi bahwa kemampuan siswa mengalami peningkatan seiring dengan meningkatnya peringkat kelas, dengan rerata kemampuan siswa kelas III, IV, V, dan VI berturut-turut sebesar -0.10412, -0.07581, 0.004436, dan 0.173415.

Penelitian yang dilakukan dengan melibatkan Dr. Ir. Bastari, M.A. dan Prof. Djemari Mardapi, Ph.D. sebagai pembimbing, akhirnya dapat dipertahankan dengan baik di hadapan tim penguji. Promovendus dapat memberikan tanggapan dengan baik atas pertanyan, saran, dan masukan para penguji. Oleh karenanya, tim penguji yang diketuai Prof. Dr. Zuhdan Kun Prasetyo, M.Ed. memberikan gelar doktor kependidikan pada prodi PEP dengan predikat Sangat Memuaskan. Dr. Anak Agung Purwa Antara, M.Pd., merupakan doktor ke 223 di PPs UNY dan ke 137 pada prodi PEP. (Rb)