Pendaftar Gelombang 3 PPs UNY Membludak

Periode akhir pendaftaran mahasiswa baru pada Tahun Ajaran 2015/2016, yaitu Gelombang 3 diikuti oleh 747 calon mahasiswa yang terdiri dari 83 calon mahasiswa untuk program Doktor dan 664 calon mahasiswa untuk program Magister. Jumlah ini meningkat jauh jika dibandingkan dari peserta yang mendaftar pada gelombang 1 dan gelombang 2, yaitu sejumlah 587 dan 637. Dari hasil gelombang 1, tercatat sebanyak 323 calon mahasiswa telah melakukan proses registrasi dan sebanyak 340 calon mahasiswa telah melakukan registrasi pada gelombang 2.

Program studi Doktor Pendidikan pada gelombang 3 ini masih menjadi program studi pilihan untuk jenjang S3, yaitu sejumlah 53 calon mahasiswa terdaftar. Hal ini dimungkinkan karena pada program studi Pendidikan memiliki beberapa konsentrasi yang menaungi bidang keilmuan yang berbeda, di antaranya: PIPS, Pendidikan Sains, Ilmu Keolahragaan, Pendidikan Matematika, Pendidikan Dasar, Teknologi Pembelajaran, dan Pendidikan Luar Sekolah. Sedangkan untuk jenjang S2, program studi Pendidikan Matematika, Ilmu Keolahragaan, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia masih menjadi primadona.

Yang menarik dari tes Gelombang 3 ini, terdapat 2 orang calon mahasiswa yang berkebutuhan khusus. Mereka adalah penyandang tuna netra. Semangat dan tekad bulat tidak melunturkan niat mereka untuk menimba ilmu di jenjang yang lebih tinggi walaupun dengan adanya keterbatasan. Dengan masing-masing seorang pendamping yang bertugas membacakan soal, proses pengerjaan soal berjalan dengan lancar sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Hasil kelulusan untuk gelombang ke-3 akan diumumkan kurang lebih 2 minggu setelah pelaksanaan ujian masuk. Bagi calon mahasiswa yang mengikuti tes Gelombang 3 diminta untuk selalu meng-update informasi kelulusan dengan cara mengunjungi website PPs UNY di laman pps.uny.ac.id. Karena hasil pengumuman bagi calon mahasiswa yang diterima akan diumumkan secara cepat melalui website PPs UNY dan dengan pengiriman surat keterangan diterima melalui pos.

Program pembekalan Bahasa Inggris dan Statistika bagi mahasiswa yang dinyatakan lulus dan telah melakukan registrasi, akan dilaksanakan sekitar bulan Juli – Agustus 2015. Sedangkan pelaksanaan orientasi dan perkuliahan Semester Gasal akan dimulai pada awal bulan September 2015.  
Selamat bergabung di PPs UNY!  (agustina)