Pemantapan Judul Tesis Mahasiswa PEP

Pada hari Jumat, 17 April 2015, Pengelola Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (PEP) Program Pascasarjana UNY mengadakan koordinasi dengan mahasiswa S2 untuk pemantapan judul tesis mahasiswa. Kegiatan yang berlangsung di Ruang Aula Lantai 3 Gedung Baru PPs ini dihadiri oleh Kaprodi PEP Prof. Djemari Mardapi, Ph.D., Sekprodi PEP Prof. Dr. Badrun Kartowagiran, dan mahasiswa PEP S2 angkatan tahun 2014.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Prof Djemari. Beliau menyampaikan bahwa usulan judul tesis para mahasiswa sudah masuk ke prodi. Setelah di-review oleh kaprodi dan sekprodi, ternyata ada beberapa usulan judul tesis yang sama sehingga perlu dilakukan koordinasi untuk pemantapan judul tesis. Para mahasiswa disarankan agar mengambil judul tesis yang dapat menghasilkan hasil penelitian yang berguna.

Prof Djemari  menyampaikan beberapa tema penelitian tesis yang dapat diambil oleh mahasiswa, antara lain yaitu penyusunan instrumen tes dan non-tes, pengembangan bank soal, evaluasi program, evaluasi pembelajaran, penelitian pendidikan, standard setting, computer based testing, differential item functioning, estimasi kesalahan pengukuran, dan aplikasi IRT atau Rasch Model. Prof Badrun menambahkan bahwa mahasiswa harus paham perbedaan antara evaluasi dengan penelitian, kemudian beliau menyarankan apabila tidak ada programnya  tidak perlu dievaluasi tetapi dibuat penelitian saja.

Setelah disampaikan tema-tema tesis tersebut, kegiatan dilanjutkan dengan diskusi. Para mahasiswa memanfaatkan sesi ini untuk bertanya terkait dengan usulan judul tesis mereka. Prof Badrun menekankan apabila ada mahasiswa yang kurang paham dapat bertanya ke kaprodi, sekprodi, maupun dosen PEP lainnya. Tidak perlu takut untuk bertanya, supaya tesisnya tidak tersesat di jalan.  (ekary)