Pelatihan E-Learning bagi Dosen PPs UNY

Saat ini kemajuan teknologi, terutama teknologi informasi semakin berkembang pesat. Seiring kemajuan tersebut UNY sebagai lembaga pendidikan berupaya mengikuti dan mempergunakannya untuk mendukung kemajuan pendidikan di Indonesia. Univeritas Negeri Yogyakarta sudah menerapkan pembelajaran dengan sistem online yang lebih dikenal dengan e-learning.

Kampus biru ini mempunyai kapasitas bandwidth yang lumayan besar, berkisar 450 Mbps. Dengan kapasitas yang besar tersebut sangat mendukung implementasi e-learning. Pembelajaran online di UNY dilaksanakan melalui alamat besmart.uny.ac.id. Sejak pertama dilaunching tahun 2006, masih banyak dosen dan mahasiswa yang belum memakainya. Padahal sistem ini sudah mendapatkan penghargaan e-learning tingkat nasional sebanyak dua kali yaitu pada tahun 2009 dan 2010.

Berawal dari keprihatinan tersebut, kaprodi S2 TP PPs UNY , Herman Dwi Surjono, Ph.D. yang juga mantan kepala Puskom UNY mengadakan pelatihan e-learning bagi dosen dan pengelola PPs. Pelatihan ini diselenggarakan pada Jumat, 4 Oktober 2013 di Aula PPs UNY. Peserta terdiri atas kaprodi, sekprodi dan pengelola PPs yang berjumlah 45 orang.

Setelah dibuka, para peserta dipandu untuk melakukan koneksi ke hotspot YSU lalu membuka alamat besmart.uny.ac.id. Setelah itu, masing-masing peserta login dengan account mereka masing-masing dan masuk ke laman prodi masing-masing. Setelah itu mereka dikenalkan teknik ubah profil, edit deskripsi mata kuliah, upload silabus, bahan kuliah, tugas, quiz, serta mengecek dan memberikan penilaian kepada tugas mahasiswa yang sudah diunggah.

Para peserta pelatihan merasa e-learning ternyata mudah dan interaktif untuk digunakan. Banyak yang merasa sudah terlambat mempergunakan sistem ini. Di kala dosen sibuk atau bertugas ke luar kota, tidak mampu bertatap muka pembelajaran tetap dapat dilaksanakan. Diharapkan adanya e-learning ini pendidikan di Indonesia dapat lebih maju bersaing dengan negara lain. (Rb)