Pelantikan Pengurus KMP UNY Periode 2015

Sabtu, 7 Maret 2015 berlangsung pelantikan pengurus Keluarga Mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta (KMP UNY) periode 2015. Acara yang dimulai sejak pukul 08.00 WIB ini bertempat di Aula Gedung Pascasarjana UNY. Dalam kegiatan pelantikan tersebut, pengurus KMP UNY periode 2015 resmi dilantik pada pukul 10.00 melalui pembacaan sumpah yang dipimpin oleh Bapak Drs. Wardan Suyanto, M.A., Ed. D., selaku Wakil Rektor I UNY. Dengan mengusung tema “Melalui Pelantikan dan Musyawarah Kerja KMP UNY Kita Wujudkan Cendikiawan yang Solid, Unggul, dan Profesional dalam Bidang Riset dan Pengembangan Ilmu Pendidikan Berbasis Nilai Ketaqwaan, Kemandirian, dan Kecendekiaan”, ada banyak harapan dan keinginan yang diwujudkan oleh pengurus maupun civitas akademika di wilayah Pascasarjana UNY.

Seperti yang diungkapkan Ence Surahman, selaku ketua KMP periode 2015 dalam sambutannya, beliau memiliki keinginan untuk memperkuat konsolidasi internal dan eksternal UNY, serta meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam bidang riset, “Jadi, ada 2 fokus yang akan kami tingkatkan, yaitu konsolidasi internal dengan ormawa di UNY dan konsolidasi eksternal seperti dengan MITI, dll. Serta meningkatkan Culture Reseach dimana kami memiliki target jurnal, dengan jumlah 80 jurnal nasional dan 20 jurnal internasional”.

Hal senada juga diungkapkan oleh Wakil Rektor I dalam sambutannya, dengan adanya KMP UNY diharapkan bisa menjadi wadah berkiprah, mengembangkan prestasi ormawa baik prestasi regional, nasional, maupun internasional, sehingga KMP UNY bisa menjadi wadah belajar dan berlatih banyak hal. Dengan demikian, diharapkan ada prestasi yang sangat menonjol dan dikenang oleh orang lain dan mampu mengharumkan nama UNY.

Dalam pelantikan ini turut dimeriahkan oleh penampilan dua mahasiswi prodi Pendidikan Seni Pascasarjana UNY yang juga merupakan pengurus KMP periode 2015. Ni Luh Putu Wardani, S.Pd dan Aline Rizky Oktaviari, S.Pd membawakan tari “Golek Ayun-ayun” yang berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta. Gerakannya sangat lembut dan penuh makna, seolah sang penari sedang bersolek, dan menyulam. Tarian yang berlangsung selama ±12 menit tersebut mampu membuat setiap mata hanya tertuju pada para penari yang berlenggak lenggok dengan piawainya. Disamping itu juga dimeriahkan oleh penampilan duet musikalisasi puisi “Kau Ini Bagaimana atau Aku Harus Bagaimana” karya K.H.A. Mustofa Basri yang dibawakan oleh Depict Prestine Adi S.Pd dan Fikroturrofiah Suwandi Putri, S.Pd. Dalm kesempatan yang berbahagia ini juga menampilkan kecakapan pengurus-pengurus yang lain seperti musik beatbox dan juga keahlian megician. (*/Yayaq & Andri)