Mahasiswa PTK PPs UNY Kunjungi SEAMOLEC

Mahasiswa Pascasarjana Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (PTK) Vokasi D Informatika angkatan 2014, pada tanggal 25-28 Mei 2015 telah mengadakan kegiatan Studi Lapangan. Kegiatan ini didampingi oleh Dr. Putu Sudira, MP mengunjungi lembaga yang berfokus di bidang Open Distance Learning Center (ODLC). Lembaga yang sekarang ini dipimpin oleh Dr. Ir. Gatot Hari Priowirjanto tersebut mempunyai beberapa program inti yang mendukung pengembangan pembelajaran jarak jauh seperti, SEA Digital Class, Digital Simulation, Virtual Class, Web Conference, Multi Studio, Development of Digital Books, dan SEA Cyber Class. Kunjungan yang dilaksanakan untuk mempererat hubungan Pascasarjana UNY khususnya Prodi  PTK Informatika kelas D dengan SEAMOLEC yang disambut oleh Bapak Ith Vuthy, M.Sc, M.A, selaku Deputy Director for Program beserta tim training.

Di dalam kegiatan studi lapangan ini, para mahasiswa mendapat beberapa workshop antara lain pembuatan BUKU DIGITAL dengan menggunakan program SIGIL, pada workshop yang pertama ini para mahasiswa langsung dibimbing membuat produk BUKU DIGITAL. Workshop kedua yaitu  SMS (SEAMOLEC Multi Studio) yang merupakan pengembangan media pembelajaran yang lebih interaktif karena dapat menampilkan video pengajar pada produk media pembelajaran, dan terakhir ditutup dengan workshop pembuatan video pembelajaran dengan WIRECAST yang sudah didukung oleh peralatan yang lengkap. Studi lapangan kemudian ditutup dengan wisata ke Trans Studio Bandung, Saung Angklung Mang Udjo dan pusat oleh – oleh di Bandung.

Studi lapangan yang dilaksanakan oleh mahasiswa PTK informatika kelas D ini membawa para mahasiswa untuk mendapatkan jawaban atas kasus – kasus yang didapat sebelumnya tentang pengembangan media pembelajaran dan melihat lebih jauh perkembangan media pembelajaran, sehingga sekarang dapat memberikan ruang bagi mahasiswa untuk mengasah sensitivitas, kreativitas, dan intelektualitas dari berbagai sumber belajar. Dengan demikian mahasiswa dapat menikmati kegiatan studi lapangan dengan penuh makna dan arti pembelajaran. (Team mahasiswa PTK Informatika Vokasi D)