Dr. Sunar Rochmadi Teliti Model Pembelajaran Teknik Survei dan Pemetaan SMK

Senin, 18 Agustus 2014 Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta mengadakan Sidang Ujian Terbuka dan Promosi Doktor dengan promovendus Ir. Sunar Rochmadi, M.S. Dosen alumni master di UNSW Australia ini diberi kesempatan 15 menit untuk mempresentasikan disertasinya di hadapan tim penguji promosi doktor, beliau mampu dengan apik menyajikannya. Disertasinya berjudul “Model Pembelajaran Teknik Survei dan Pemetaan SMK melalui Kemitraan dengan Dunia Kerja”.

Dalam penyusunan disertasinya, bertindak sebagai Promotor Prof. Sukamto, Ph.D., Co.Promotor Prof. Dr. Husaini Usman. Tim penguji pada promosi ini diketuai Prof. Dr. Zuhdan Kun Prasetyo, M.Ed. dibantu sekretaris Prof. Soenarto, Ph.D. Sedangkan anggotanya antara lain Prof. Slamet PH, Ph.D. dan Ir. Subaryono, M.A., Ph.D. sebagai penguji dari luar.

Di hadapan tim penguji promovendus ini mengemukakan bahwa penelitian ini dilatar belakangi oleh masih kurang relevannya pembelajaran di SMK dengan kebutuhan dunia kerja. Selain itu, “perlunya pembelajaran yang responsif terhadap kebutuhan dunia kerja dapat dicapai dengan melibatkan dunia kerja pada pembelajaran”, tuturnya.

Selanjutnya dosen prodi Teknik Sipil dan Perencanaan FT UNY ini mengatakan bahwa penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pembelajaran dengan melibatkan dunia kerja survei dan pemetaan yang selama ini dilaksanakan di SMK, mengembangkan model pembelajaran yang melibatkan dunia kerja survei dan pemetaan dengan berbagai karakteristiknya, dan mengevaluasi implementasi pengembangan model pembelajaran yang melibatkan pihak dunia kerja survei dan pemetaan.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk penelitian desain dan pengembangan, dengan tahapan pengembangan dan implementasi model pembelajaran. Tahap pengembangan model mencakup studi pustaka, studi lapangan di SMK Program Teknik Survei dan Pemetaan serta dunia kerja survei dan pemetaan, penyusunan model pembelajaran, review oleh responden, dan revisi model pembelajaran. Tahap implementasi model mencakup implementasi model pembelajaran di sekolah dan revisi model pembelajaran berdasarkan analisis terhadap implementasi tersebut.

Di akhir presentasinya, promovendus menyimpulkan bahwa Pembelajaran melalui kemitraan dengan dunia kerja survei dan pemetaan yang selama ini dilaksanakan di semua SMK adalah praktik kerja industri (prakerin) dan ujian praktik kejuruan. Kendala pelaksanaan pembelajaran melalui kemitraan dengan dunia kerja yang dapat diidentifikasi terutama lokasi yang berjauhan antara sekolah dan dunia kerja dan jadwal kegiatan dunia kerja yang tidak selalu selaras dengan jadwal sekolah.

Pengembangan model pembelajaran alternatif dapat dilakukan dengan meningkatkan kualitas model pembelajaran yang sudah dilaksanakan dan menambah model pembelajaran. Peningkatan model pembelajaran alternatif yang sudah dilaksanakan yaitu dengan menyelenggarakan prakerin di perusahaan survei dan pemetaan. Penambahan model pembelajaran dilakukan oleh sekolah yang sebelumnya belum pernah mengadakan kunjungan ke industri, guru tamu praktisi industri, dan pelatihan teknologi mutakhir.

Berdasarkan implementasi model pembelajaran yang dikembangkan, model tersebut terbukti layak untuk dilaksanakan dan terbukti efektif dalam mempersiapkan siswa dengan kompetensi yang dituntut oleh dunia kerja survei dan pemetaan. “Model pembelajaran melalui kemitraan dengan dunia kerja yang dapat dilaksanakan di SMK Program Teknik Survei dan Pemetaan meliputi: guru tamu praktisi industri, pembekalan prakerin, prakerin, kunjungan ke industri, pelatihan teknologi mutakhir, dan ujian praktik kejuruan”, tutupnya.

Ketua tim penguji, Prof. Dr. Zuhdan Kun Prasetyo, M.Ed. mengatakan hasil sidang dewan penguji memutuskan bahwa promovendus mampu mempertahankan hasil penelitian disertasinya dengan baik. Sejak saat itu gelar Doktor disematkan kepada Dr. Ir. Sunar Rochmadi, M.S. sebagai doktor ke 64 pada prodi PTK dan urutan ke 234 lulusan PPs UNY dengan predikat Sangat Memuaskan.

Pada sesi ramah tamah, Prof. Dr. Husaini Usman mewakili tim promotor mengucapkan selamat atas capaian gelar doktor dengan susah payah kepada Dr. Sunar Rochmadi. Beliau berseloroh, jerih payah selama ini terbayarkan lunas dengan gelar tersebut. “Semoga tambahan SDM yang bergelar doktor tersebut bisa membawa kemajuan bagi FT UNY”, pungkasnya. Selamat kepada Dr. Ir. Sunar Rochmadi, M.S. (Rb)