Dr. Hary Suswanto Kembangkan Model UKOMSI SERINA

Program Pascasarjana UNY kembali menggelar Ujian Terbuka dan Promosi Doktor dengan Promovendus Hary Suswanto dari Prodi S3 Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (PTK) pada Sabtu (6/4/2013) di Aula PPs UNY. Hary mengambil penelitian disertasi dengan judul “Pengembangan Model Uji Kompetensi dan Sertifikasi Internasional Jaringan Komputer Siswa SMK” yang lebih fokus membahas permasalahan yang terkait dengan uji kompetensi dan sertifikasi jaringan komputer siswa SMK dalam upaya meningkatkan kompetensi lulusannya.

Di hadapan dewan penguji yang terdiri dari Wardan Suyanto, Ed.D. (Ketua), Prof. Dr. Muhyadi (Sekretaris), Prof. Sukamto, Ph.D. (Promotor I), Prof. Soenarto, Ph.D. (Promotor II), Herman Dwi Surjono, Ph.D. (Penguji I), Dr. Ir. Gatot Hari Priowirjanto (Penguji II), Hary memaparkan bahwa untuk menjawab tantangan dunia industri yang mengedepankan mutu keahlian, sikap, dan pengetahuan tenaga kerja, Direktorat PSMK telah lama merintis upaya pemenuhan tenaga kerja yang kompeten bagi lulusan SMK. “Implikasinya kurikulum yang digunakan mengacu pada kurikulum berbasis kompetensi dengan bahan pembelajaran dan pengujian yang terkait dengan keterampilan produktif dan disusun berdasar keahlian yang melibatkan secara aktif dunia usaha/dunia industri (Du/Di)” tambahnya.

Dosen Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang tersebut menjelaskan bahwa penelitiannya bertujuan untuk menemukan model uji kompetensi dan sertifikasi internasional jaringan komputer siswa dengan mengintegrasikan uji kompetensi kognitif dan kompetensi psikomotorik. Selain itu, juga untuk mengetahui pelaksanaan uji sertifikasi yang sudah ada, proses pengembangan, tingkat validitas, efisiensi, dan keefektifan kelayakan model, serta pengaruh penggunaan model pada mata pelajaran jaringan komputer terhadap kemampuan kognitif dan minat siswa.

Hasil uji coba terhadap perangkat model oleh ahli menunjukkan hasil yang layak untuk digunakan. Hal tesebut terlihat pada nilai pretest kelas eksperimen dan kelas kontrol sama secara signifikan yang berarti siswa memiliki tingkat kemampuan dan relevansi yang sama terhadap sifat atau karakteristik yang dikehendaki. Selain itu, nilai pretest dan posttest kelas eksperimen berbeda secara signifikan yang berarti siswa memiliki tingkat kemampuan akhir yang berbeda dan sangat efisien. Pada nilai posttest, kelas eksperimen dan kelas kontrol berbeda secara signifikan yang artinya siswa memiliki tingkat kemampuan akhir yang berbeda sehingga terbukti efektif.

Hasil Ujian Terbuka yang dibacakan oleh Ketua Tim Penguji, Wardan Suyanto, Ed.D., menyebutkan bahwa Hary berhak menyandang gelar Doktor ke-168 di PPs UNY dan Doktor ke-46 di Prodi PTK dengan hasil “Dengan Pujian” dengan masa studi 44 bulan. (Sinta).