Belajar Penelitian Kebijakan Bersama Dr. Bambang Indriyanto

Pada hari Jumat, 7 November 2014, Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (PEP) UNY mengundang Dr. Bambang Indriyanto, Kepala Pusat Penelitian Kebijakan untuk berbagi ilmu pengetahuan melalui kuliah umum yang bertajuk Penelitian Kebijakan: Metode dan Orientasi yang dilaksanakan di Aula Pascasarjana UNY. Kuliah umum dihadiri oleh mahasiswa magister dan doktoral baik yang berasal dari Program Studi PEP UNY, maupun program studi lain di lingkungan PPs UNY.

Dengan di moderator oleh Ketua Program Studi PEP UNY, Prof. Djemari Mardapi, Ph.D, Dr. Bambang Indrayanto memaparkan tentang prinsip metodologi, karakteristik penelitian kebijakan, prinsip sinergi serta pemanfaatan dalam penelitian kebijakan pendidikan.  Pada kesempatan itu, beliau juga mengungkapkan harapannya untuk dapat bekerjasama dengan mahasiswa magister maupun doktoral dalam melakukan penelitian kebijakan pendidikan, khususnya dengan menggunakan data yang telah tersedia di Pusat Penelitian Kebijakan.

Kuliah umum diakhiri dengan dua sesi diskusi, yang masing-masing diisi oleh dua penanya. Sesi diskusi diwarnai dengan penguatan tentang perbedaan penelitian evaluasi pada umumnya dengan penelitian evauasi kebijakan, kebermaknaan evaluasi, mahzab penelitian, hingga kebijakan kurikulum 2013. Mahasiswa mengaku antusias mengikuti kuliah umum tersebut, dan berharap akan ada lebih banyak kesempatan untuk menimba ilmu baik dari akademisi dan praktisis dunia pendidikan sekaliber Dr. Bambang Indriyanto untuk mengambangkan wawasan dan sudut pandang. (Alita)