Belajar di UNY Terasa Enjoy

“Belajar di UNY memang enjoy. Kami sangat mencintai kampus ini. Mulai dari S1 hingga berhasil meraih doktor semua dilakukan di kampus kependidikan ini, “ungkap Dr. Wegig Pratama, M.Pd. dalam sambutan perwakilan peserta yudisium Program Pascasarjana pada hari Kamis, 30 April 2015.

Lebih lanjut direktur AMY (Akademi Maritim Yogyakarta) ini mengungkapkan bahwa awalnya terasa nervous untuk studi lanjut di sini. Namun seiring berjalannya waktu dengan diimbangi layanan akademik yang memuaskan, kami terpacu untuk mengikuti program yang dilaksanakan di UNY. Sebagai alumni beliau berharap atmosfer akademik yang baik di UNY ini bisa diimplementasikan di tempat kerja masing-masing.

Pada yudisium periode ini PPs UNY berhasil meyudisium sebanyak 86 lulusan dengan rincian 81 magister dan 5 doktor. Sebanyak 27% dari semua peserta berhasil meraih predikat cumlaude. Peraih IPK tertinggi disematkan kepada Galih Nur Indriatno Putra Pratama dari prodi PTK dengan IPK 3,97. Selain itu, terdapat mahasiswa yang lulus tercepat dengan lama studi 19 bulan dengan IPK 3,89 yang berhasil dicapai oleh Eliya Rochmah juga dari prodi PTK. Mahasiswa KNB asal Madagaskar dari Prodi LT, Hadjirah Raveloarinirina, juga menorehkan prestasi dengan meraih predikat cumlaude, IPK 3,71, dan masa studi yang relatif singkat yaitu 20 bulan.

Sementara itu Direktur PPs UNY, Prof. Dr. Zuhdan K. Prasetyo, M.Ed. merasa sangat bangga dengan adanya fakta bahwa masa studi relatif cepat selama 19 bulan. Selain itu, kepercayaan masyarakat untuk studi lanjut di PPs semakin meningkat. Dari kalangan militer contohnya seperti Dr. Wegig dari AMY, juga Dr. Yulianto Hadi dari AAU Adi Sutjipto, dan yang terakhir terdapat mahasiswa baru dari Akmil Magelang.

Pada akhirnya beliau berharap para alumni selalu menjaga nama baik almamater di manapun mengabdi. Bagi lulusan magister segera berkarya lebih banyak dan melanjutkan studinya. Sedangkan bagi lulusan doktor diharapkan untuk melanjutkan penelitian dan menelorkan karya ilmiah baru yang bermanfaat bagi lembaga khususnya dan untuk kemajuan pendidikan Indonesia pada umumnya. (Rubiman)