Asesor Nilai S3 Manajemen Pendidikan

Hanya dalam jangka waktu dua minggu berturut-turut Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta menerima tamu Tim Asesor dari BAN PT dalam Visitasi Akreditasi. Adalah prodi Manajemen Pendidikan (MP) yang pada minggu yang lalu divisitasi prodi jenjang magisternya, kali ini, Jumat, 29 Agustus  2014 giliran jenjang doktoralnya juga divitasi untuk verifikasi dokumen borang akreditasi yang telah dikirmkan ke BAN PT.

Tim asesor dari BAN PT yaitu Prof. Dr. Sutjipto (mantan Rektor UNJ) dan Dr. Darmansyah, M.Pd. (UNP). Kedua asesor tersebut tiba di Jogja pada Kamis malam, 28 Agustus 2014 sehingga disambut oleh pimpinan UNY dan PPs dalam jamuan dinner di Bale Ayu Resto. Hadir dalam penyambutan ini antara lain WR II, WR IV, Direktur PPs, Asdir I, Asdir II, kaprodi, dan sekprodi MP serta beberapa dosen S3 MP.

Seperti minggu yang lalu, Jumat, 29 Agustus 2014 tim asesor tiba di PPs UNY yang diterima oleh direktur PPs UNY, Prof. Dr. Zuhdan K. Prasetyo, M.Ed. didampingi Asdir I, Asdir II, kaprodi MP Dr. Udik Budi Wibowo dan sekprodi Dr. Lantip Diat Prasojo. Selanjutnya verifikasi kesesuaian isi borang akreditasi dengan bukti fisik di lapangan.

Pada awal veriifikasi, tim asesor mulai mencermati isi borang institusi (Buku III B) yang ditanggapi oleh direktur PPs UNY, Asdir I, Asdir II, Tim Penjaminan Mutu, Kasubag TU, Pengelola Akademik, Keuangan, dan Sarana Prasarana. Di sana dicermati berkaitan SOP, Panduan Akademik, Pedoman Tesis dan Disertasi, kurikulum, SDM baik dosen dan karyawan, sarana prasarana perkuliahan, dan sebagainya.

Selanjutnya veridfikasi dan pencermatan borang program studi (Buku III A) ditanggapi oleh kaprodi dan sekprodi S3 MP. Pencermatan isi borang mulai dari standar 1 sampai dengan 7 berjalan lancar. Lampiran dengan bukti fisik dapat ditunjukkan oleh pengelola prodi. Namun, karena prodi baru yang beroperasi mulai TA. 2011 tentunya belum mempunyai alumni. Sehingga pada standar 3 yang berisi mahasiswa dan lulusan belum mencapai skor maksimal.

Pada visitasi ini, hadir juga mahasiswa calon doktor MP mulai dari angkatan 2011 hingga 2013. Di hadapan asesor, para mahasiswa diajak berdiskusi berkaitan dengan sarana prasarana perkuliahan yang diberikan PPs, dan, pembimbingan penyelesaian disertasi.

Demikianlah rangkaian visitasi prodi S3 MP PPs UNY. Semoga dengan jerih payah dan usaha yang sudah ditempuh pengelola menghasilkan predikat akreditasi yang maksimal dan memuaskan. (Rb)