Upaya Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas X TI1 SMK Negeri I Nglipar dengan Multimedia.

ABSTRAK

 

Elly Yuswarini: Upaya Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas X TI1 SMK Negeri I Nglipar dengan Multimedia. Tesis. Yogyakarta: Program Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta, 2009.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa SMK Negeri I Nglipar yang diupayakan dengan menggunakan multimedia untuk menyajikan model bahasa penutur asli dalam pembelajaran bahasa Inggris.

Penelitian tindakan kelas kolaboratif dan partisipatif ini dilaksanakan dalam tiga siklus. langkah masing-masing siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Sebagai peserta adalah siswa kelas X TI 1 SMK Negeri I Nglipar tahun ajaran 2007/2008, dan guru pengajar bahasa Inggris di kelas XII sebagai kolaborator. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, teknik rekaman, angket dan tes. Keabsahan data diupayakan dengan triangulasi. Data kualitatif dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi, sedangkan data kuantitatif dianalisis secara deskriptif dengan menghitung persentase hasil tes.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan multimedia dalam menyajikan model bahasa penutur asli dapat membuat: (1) proses pembelajaran berbicara meningkat, yang ditandai oleh meningkatnya rasa percaya diri, suasana segar dan rileks, motivasi belajar, dan keberanian siswa untuk mempraktikkan bahasa Inggris dalam komunikasi interaktif sesuai tema; (2) keterampilan berbicara siswa meningkat, dibuktikan oleh meningkatnya kemampuan untuk menyampaikan pesan sederhana sehari-hari dalam kelas, dan didukung meningkatnya hasil tes keterampilan berbicara dari nilai rata-rata 43,38 (siklus 1), 51,19 (siklus 2), dan 65,52 (siklus 3).

Kategori Perpustakaan: