Yudisium Mahasiswa Program Pascasarjana UNY periode Juli 2013

Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta pada hari Rabu, 31 Juli 2013 secara resmi meluluskan sebanyak 90 mahasiswa. Ke-90 mahasiswa tersebut terdiri atas 83 lulusan magister dan 7 doktor. Mereka lulus dengan diyudisium oleh Direktur PPs UNY berdasarkan SK Direktur No. 566 Tahun 2013. Dengan ini, bagi lulusan S3 berhak menyandang gelar Doktor Pendidikan (Dr.), sedangkan lulusan S2 bergelar Magister Pendidikan (M.Pd.) kecuali Magister Humaniora (M.Hum.) bagi lulusan prodi LT konsentrasi Penerjemahan dan Magister Olahraga (M.Or.) bagi lulusan prodi IK.

Dari ke-90 peserta yudisium tersebut, cukup membanggakan bagi para peserta yudisium adalah karena terdapat 37 mahasiswa yang mendapatkan predikat cumlaude, yaitu 2 mahasiswa dari prodi PEP S3, 2 mahasiswa masing –masing dari prodi Dikdas, IK, dan PMat, 1 mahasiswa masing-masing dari prodi PIPS, dan PLS, 3 mahasiswa masing–masing dari prodi PEP S2 dan MP S2, 4 mahasiswa masing-masing dari prodi LT dan PTK, sisanya yang terbanyak 12 mahasiswa dari prodi PSn. Ani Widyawati dari prodi PSn S2 berhasil meraih IPK tertinggi  yang hampir sempurna yaitu 3,97.

Dr. Ali Hamsy dari prodi PEP S3, menyampaikan sambutannya sebagai perwakilan dari peserta yudisium. Kesan campur aduk yang disampaikan digambarkan seperti Pecel Beringharjo. Ada pengalaman pahit, manis dan pedas selama studi di PPs UNY. Pengalaman manis ketika kuliah mendapatkan ilmu dari dosen yang kompeten dan ramah. Selain itu, pelayanan dari staff yang memuaskan sangat mendukung cepat selesainya kuliah. Pengalaman pahit antara lain, didapat ketika mengerjakan TA. Baik jenjang S3 maupun S2 merasakan hal yang sama pada saat itu. Namun, dengan motivasi, bimbingan dan pendampingan yang intensif dari dosen semuanya dapat terlewati dengan sukses.

Sambutan Direktur PPs UNY, Prof. Dr. Zuhdan Kun Prasetyo mewakili seluruh pengelola, beliau menyampaikan beberapa pesan. Di antaranya, PPs UNY sebagai center of service provider mohon maaf apabila selama melayani kuliah masih terdapat kekurangan dan kesalahan, kurang memuaskan mahasiswa. Selain itu, dalam yudisium kali ini sudah tercapai percepatan studi terbukti banyak mahasiswa magister yang lulus dalam waktu 23 bulan dan 47 bulan bagi jenjang doktor. Beliau mengharapkan meskipun cepat lulus tetapi kualitas lulusan tetap terjamin dan terjaga. Bagi alumni S2 diharapkan segera bekerja, ataupun menciptakan lapangan kerja dan segera melanjutkan pendidikan ke jenjang S3. Terhadap lulusan S3 diminta mengembangkan keilmuannya untuk kemajuan lembaga dan bangsa.Mereka dipersilahkan melanjutkan menjadi konsultan, narasumber berbagai seminar, workshop dan melaksanakan penelitian yang bermanfaat bagi kemajuan pendidikan Indonesia.(Rb)