Workshop Manajemen Sitasi Dan Referensi Berbasis Endnote Dan Mendeley

Unit Publikasi Pascasarjana UNY mengadakan acara Workshop Manajemen Sitasi dan Referensi Berbasis Endnote dan Mendeley, yang dihadiri sebanyak 136 orang. Narasumber pertama Susana Widyastuti, S.S., M.A., Ph.D memberikan materi terkait dengan penggunaan Endnote. Narasumber kedua Choirul Amri, S.Pd., Gr., M.Pd. membawakan materi terkait Mendeley. Hari pertama kegiatan pada tanggal 25 Maret 2022 diawali dengan pengenalan dan pendampingan untuk menginstal software, yang digunakan untuk praktek pada workshop hari kedua.

Selanjutnya kegiatan Workshop Manajemen Sitasi dan Referensi Berbasis Endnote dan Mendeley dilakukan melalui platform Zoom Meeting. Acara diawali dengan pengantar dari Prof. Erna Andriyanti, S.S., M.Hum., Ph.D. selaku Koordinator Unit Publikasi Pascasarjana UNY. Dalam sambutanya Prof. Erna menyampaikan tujuan dan harapan dari diselenggarakannya acara workshop tersebut, yaitu dapat membantu mahasiswa S2 dan S3 Pascasarjana UNY dalam penyusunan artikel publikasi untuk syarat kelulusan dari sisi pengelolaan daftar pustaka, referensi, dan sitasi melalui aplikasi Ednote dan Mendeley.

Selanjutnya acara dibuka oleh Direktur Pascasarjana yaitu Prof. Dr. Anik Ghufron, M.Pd. Dalam kesempatan itu Direktur menyampaikan “Sebagai mahasiswa atau pendidik kita tidak asing dengan karya tulis ilmiah. Kegiatan ini sebagai salah satu sarana bagi mahasiswa untuk mengelola karya tulis ilmiah atau artikel dari sisi daftar pustaka, referensi, dan sitasi. Harapan saya, acara ini dimanfaatkan secara maksimal oleh peserta workshop”.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh narasumber pertama yaitu Susana Widyastuti, Ph.D. dengan materi lanjutan terkait penggunaan Endnote. Pemaparan materi merupakan tindak lanjut dari kegiatan hari Jum’at sebelumnya. Selain pemaparan materi juga dilakukan demonstrasi penggunaan software dan diakhiri dengan sesi tanya jawab dari perserta workshop. Antusias peserta sangat tinggi, terlihat pada saat sesi tanya jawab banyak peserta yang mengajukan pertanyaan kepada narasumber. Pemaparan materi kedua oleh narasumber Choirul Amri, S.Pd. Gr., M.Pd. terkait dengan penggunaan dan demonstrasi pemanfaatan software Mendeley. Antusias peserta tetap tinggi pada sesi kedua acara ini. Masih banyak peserta yang bertanya melalui kolom chat zoom atau bertanya secara langsung.

Acara ditutup dengan pengenalan laman website publikasi pascasarjana http://puma.pps.uny.ac.id/ yang diwakili staf Unit Publikasi Siwi Widiastuti, S.Pd. Dengan adanya kegiatan Workshop Manajemen Sitasi dan Referensi Berbasis Endnote dan Mendeley, diharapkan mahasiswa memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengelola sitasi dan referensi untuk artikel yang akan dipublikasikan sehingga membantu mereka dalam proses penulisan artikel untuk syarat kelulusan. (sw/xena/ant)

.