Visitasi Perdana Bulan Oktober BAN-PT ke PPs UNY

Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta (PPs UNY), pada bulan Oktober ini mendapatkan keberkahan yang luar biasa. Tercatat pada bulan ini akan ada visitasi akreditasi terhadap tujuh prodi program magister (S2) yang ada di PPs UNY. Mengawali hari di bulan Oktober,  Pendidikan Matematika (PMat) mendapatkan giliran pertama yang mendapatkan field assessment.

Pada hari Kamis – Jumat, 1 – 2 Oktober 2015, Prof. Dr. Janson Naiborhu dan Dr. Swasono Rahardjo, S.Pd., M.Si. menjadi utusan BAN PT untuk melakukan verifikasi terhadap hasil desk evaluation borang akreditasi yang telah dikirim beberapa waktu yang lalu. Sebagai tuan rumah yang UNY selalu menyambut kedatangan tamunya dengan baik. Kedua asesor disambut dengan hangat oleh pimpinan UNY mulai dari Rektor, WR I, WR III, WR IV, pimpinan PPs UNY, Penjaminan Mutu PPs, Bag. Informasi, dan beberapa dosen prodi di ruang sidang RKU.

Mewakili tuan rumah, Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., M.A. mengucapkan selamat datang kepada tim asesor BAN PT. Sebagai pimpinan UNY beliau menyampaikan UNY secara umum mulai dari bidang akademik, sarana prasarana pendidikan hingga prestasi mahasiswa. “Belum lama ini telah lahir beberapa doktor matematika lulusan luar negeri. Mudah-mudahan pemikiran tenaga muda tersebut bisa memberikan sumbangsih bagi kemajuan prodi khususnya dalam akreditasi”, ungkap Pak Rektor secara khusus.

Selanjutnya mewakili tim asesor, Prof. Dr. Janson Naiborhu mengucapkan terima kasih atas sambutan yang hangat dan luar biasa dari pihak UNY. “Jarang kami disambut oleh pimpinan perguruan tinggi secara langsung, biasanya hanya sebatas pimpinan prodi saja, namun berbeda dengan UNY dalam hal ini. Sebagai asesor, beliau berdua bertugas untuk verifikasi dokumen yang telah dikirim dengan membandingkan realita di lapangan”, ungkap beliau.

Setelah mengikuti acara seremonial penyambutan di rektorat, kedua asesor melanjutkan agenda di ruang sidang 315 PPs UNY. Pencermatan dan penilaian borang institusi (Buku IIIB) dilakukan kedua asesor yang ditanggapi dengan baik oleh Asdir I, Asdir II, dan Tim Penjaminan Mutu PPs UNY.

Kaprodi PMat, Dr. Jailani didampingi sekprodi, Dr. Dhoriva U.W.  bersama tim pengembang prodi mengikuti dengan seksama proses verifikasi borang program studi (Buku III A) mulai dari standar 1 hingga 7. Dokumen yang menjadi lampiran borang dapat ditunjukkan dengan baik oleh pengelola prodi.

Pada kesempatan yang lain asesor juga berbincang dan mendengarkan testimoni dari mahasiswa maupun alumni PMat. Mahasiswa diminta menyampaikan masalah berkaitan dengan asal daerah, PT asal, suasana kegiatan perkuliahan, kurikulum, dan sarana prasarana akademik yang disediakan PPs UNY. Dari pertemuan tersebut, juga diperoleh informasi institusi tempat para alumni berkarya.

Setelah verifikasi data borang dirasa cukup, pertemuan diakhiri dengan penandatanganan berita acara visitasi dan penilaian. Semoga visitasi inibisa membuahkan hasil terbaik dengan predikat yang “Unggul” bagi prodi Pendidikan Matematika. (Rubiman).