Visitasi Akreditasi Prodi Bimbingan dan Konseling PPs UNY

Banyaknya lulusan perguruan tinggi yang tidak diimbangi dengan jumlah lapangan kerja akan menimbulkan permasalahan baru yaitu bertambahnya jumlah pengangguran. Persaingan antar sesama lulusan untuk memperebutkan jabatan pekerjaan sangat mungkin terjadi.

Saat ini selain IPK, status akreditasi program studi juga menjadi syarat untuk bisa melamar kerja pada suatu instansi negeri, BUMN, maupun swasta. Oleh karena itu, akreditasi menjadi bahan pertimbangan calon mahasiswa yang akan menentukan pilihan prodi maupun perguruan tinggi yang akan menjadi tempat meraih gelar sarjana ataupun masternya.

Menjawab realita tersebut, sebagai prodi baru jenjang magister di PPs UNY, Bimbingan dan Konseling (BK) mengajukan akreditasi ke BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi). Dengan akreditasi diharapkan adanya jaminan dari pemerintah bahwa penyelenggaraan program studi telah memenuhi standar mutu yang ditetapkan.

Setelah mengirimkan borang akreditasi dan mendapatkan desk evaluation, pada hari Senin – Selasa, 5-6 Oktober 2015 dilaksanakan visitasi penilaian lapangan oleh tim asesor BAN-PT yaitu Prof. Dr. Mungin Eddy Wibowo, M.Pd., Kons. dari UNNES Semarang dan Dr. Paisol Burlian, S.Ag., M.Hum. dari IAIN Raden Patah Palembang.

Suasana hangat dan penuh keakraban menyelimuti penyambutan asesor oleh pimpinan UNY, pimpinan PPs, Kaprodi BK, Biro AKI, Bag. Informasi, Penjamu PPs, dan dosen BK. Seperti biasa Rektor UNY, Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., M.A.  mengucapkan selamat datang kepada tim asesor BAN-PT. Akhirnya tak lupa beliau memberikan kenang-kenangan sebagai wujud pernah berkunjung ke UNY berupa cinderamata khas UNY dan beberapa buku mengenai Profil, Mengenal Lebih Dekat UNY, dan Kegiatan DIES.

Selepas pertemuan dengan pimpinan UNY, kedua asesor menuju tempat display dokumen akademik yang berada di ruang sidang 315 PPs UNY. Proses verifikasi mulai pukul 08.30 hingga sore hari. Visitasi tersebut ditanggapi oleh Pimpinan PPs, Tim Penjamu, Tim Akreditasi Prodi, Tim Pengembang Prodi BK, Civitas PPs, dan tentunya mahasiswa angkatan pertama prodi BK.

Verifikasi dimulai dari borang institusi (Buku IIIB). Relatif singkat pencermatan borang PPs yang ditanggapi oleh Pimpinan dan Tim Penjamu PPs ini. Terbesit sebuah harapan semoga dengan singkatnya ini pertanda tiada hal yang menghalangi untuk mendapatkan nilai memuaskan.

Selanjutnya verifikasi dokumen kelengkapan borang prodi (Buku IIIA) cukup memakan waktu karena perlunya menunjukkan dokumen yang menjadi lampiran setiap standar dalam borang. Dengan pendampingan yang dilakukan oleh kaprodi, Dr. Muh. Farozin, M.Pd. disertai Tim Penyusun Borang, pencermatan item penilaian dari standar 1 hingga 7 berjalan lancar.

Dalam rangkain visitasi tersebut juga terjadi diskusi yang hangat antara asesor dengan dosen yang mengajar di prodi BK, lalu berlanjut dengan mahasiswa. Dengan tidak ada campur tangan dari kaprodi dan pimpinan PPs UNY, tentunya cukup transparan apa yang disampaikan dosen dan mahasiswa kepada asesor.

Alhamdulillah, proses visitasi berjalan lancar dan sesuai dengan rundown yang ditetapkan asesor sebelumnya. Dalam ramah tamah dengan pimpinan dan saat penandatanganan berita acara visitasi, saran-saran dan masukan yang bermanfaat bagi program studi diberikan asesor untuk perbaikan ke depan sehingga mutu yang diberikan dapat lebih  baik lagi.

Dengan pelaksanaan visitasi akreditasi program studi ini diharapkan memperoleh status yang memuaskan untuk mendukung pencapaian akreditasi tingkat Universitas agar mendapatkan nilai A. (Rubiman).